adjar.id - Manajemen pemasaran merupakan salah satu bidang manajemen.
Manajemen pemasaran adalah suatu kegiatan pengaturan proses penyampaian produk dari produsen kepada konsumen.
Adanya manajemen pemasaran membuat proses penyampaian produk bisa berjalan dengan efektif dan efisien, Adjarian.
Manajemen pemasaran dalam suatu perusahaan ada karena pemasaran produk merupakan hal penting bagi perusahaan.
Nah, kegiatan dalam manajemen pemasaran sendiri meliputi pemilihan segmentasi pasar, menganalisis peluang pasar, menentukan cara promosi, dan sebagainya, Adjarian.
Sehingga nantinya, produk yang dijual oleh perusahaan bisa dikenal oleh masyarakat secara luas.
Lalu, apa tujuan manajemen pemasaran?
Simak pembahasannya, yuk!
"Manajemen pemasaran adalah proses perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, dan pengendalian segala aktivitas yang terkait dengan pemasaran barang atau jasa suatu perusahaan."
Beberapa tujuan manajemen pemasaran, yaitu:
1. Meningkatkan Keuntungan
Baca Juga: Mengenal Fungsi Manajemen Pemasaran
Manajemen pemasaran bertujuan untuk meningkatkan keuntungan bagi perusahaan.
Tim pemasaran merupakan tim yang menghasilkan pendapatan bagi perusahaan.
Keuntungan yang didapat harus cukup bagi perusahaan sebagai hasil dari penjualan barang atau jasa.
Jika perusahaan tidak berhasil menghasilkan keuntungan, maka perusahaan tidak akan bertahan.
Selain itu, keuntungan sangat penting untuk pengembangan dan pertumbuhan perusahaan.
2. Menciptakan Permintaan
Manajemen pemasaran bertujuan untuk menciptakan permintaan atau demand melalui berbagai cara.
Hal ini dilakukan dengan membuat cara yang berhubungan untuk mengetahui preferensi dan selera konsumen terhadap barang atau jasa.
Sehingga, perusahaan bisa membuat barang atau jasa yang sesuai dengan keinginan konsumen.
3. Memuaskan Pelanggan
Perusahaan harus bisa mengembangkan dan mendistribusikan produk yang bisa memenuhi keinginan pelanggar sehingga memberikan kepuasan.
Baca Juga: Tipe-Tipe Kegiatan Manajemen
Jika konsumen merasa tidak puas, maka bisnis tidak akan mendapatkan penghasilan untuk memenuhi biaya dan mendapatkan pengembalian modal.
Konsumen yang merasa puas artinya hanya memberi barang atau jasa sesuai dengan kebutuhan konsumen.
Mereka juga akan merekomendasikan produk tersebut kepada orang terdekat.
Sehingga, bisa membuat barang atau jasa yang dipasarkan oleh perusahaan menjadi lebih dikenal orang banyak.
4. Menciptakan Produk yang Baik
Membangun citra produk yang baik di masyarakat merupakan tujuan lain dari manajemen pemasaran.
Jika tim pemasaran menyediakan barang dan jasa berkualitas bagi konsumen dengan harga wajar, maka akan membuat citra produk yang baik pada konsumen.
5. Menciptakan Pelanggan Baru
Perusahaan didirikan untuk menjual barang atau jasa bagi pelanggan.
Maka dari itu, konsumen merupakan dasar dari bisnis perusahaan.
Konsumen jugalah yang memberikan pendapatan bagi perusahaan dan menentukan apa yang akan dijual oleh perusahaan.
Baca Juga: 3 Tingkatan Manajemen, Materi Ekonomi Kelas 11 Kurikulum Merdeka
Menciptakan konsumen baru artinya mengidentifikasi dan mengeksplorasi kebutuhan pelanggan dengan lebih luas.
Jika perusahaan ingin bertahan dan maju dari segi bisnisnya, menciptakan pelanggan baru merupakan hal yang krusial.
Sehingga diperlukan analisis dan pemahaman lebih tentang keinginan konsumen.
"Tujuan manajemen pemasaran, yaitu meningkatkan keuntungan, menciptakan permintaan, memuaskan pelanggan, menciptakan produk yang baik, dan menciptakan pelanggan baru."
Nah, itu tadi beberapa tujuan dari manajemen pemasaran dalam suatu perusahaan.
Coba Jawab! |
Apa yang dimaksud dengan manajemen pemasaran? |
Petunjuk: Cek halaman 1. |
---
Sumber: Buku Ekonomi untuk SMA Kelas XI karya Yeni Fitriani dan Aisyah Nurjanah.
Penulis | : | Nabil Adlani |
Editor | : | Rahwiku Mahanani |
KOMENTAR