adjar.id - Sebuah iklan umumnya disajikan dengan semenarik mungkin.
Hal ini diharapkan dapat membuat iklan tersebut menarik perhatian banyak calon konsumen.
O iya, kali ini kita akan membahas soal-soal terkait dengan iklan, Adjarian.
Soal-soal tersebut terdapat di dalam buku Kurikulum Merdeka Bahasa Indonesia kelas VIII, halaman 43.
Selain disajikan secara kreatif, tempat pemasangan iklan juga perlu diperhatikan.
Saat ini, terdapat dua jenis pemasangan iklan, yaitu di media cetak dan media elektornik.
Kedua media pemasangan iklan tersebut memiliki kelebihan masing-masing.
Nah, soal-soal yang kita bahas kali ini akan berhubungan dengan cara penyajian iklan dan tempat pemasangan iklan.
Yuk, simak pembahasan soal tersebut bersama-sama!
Berlatih
Kalian sudah membaca teks tentang iklan. Sekarang jawablah pertanyaan berikut.
Baca Juga: Mengenal Iklan: Pengertian, Kaidah Kebahasaan, dan Strukturnya
1. Menurut kalian, mengapa iklan sebaiknya dibuat secara kreatif?
Jawaban: Iklan dibuat secara kreatif agar menarik perhatian siapa pun yang membacanya.
Iklan merupakan sebuah media yang digunakan untuk menyampaikan pesan.
Pesan-pesan tersebut berupa produk, baik barang maupun jasa, dan dapat juga berupa tindakan.
Jika disajikan secara keratif, diharapkan orang-orang tertarik untuk mendapatkan barang, jasa atau melakukan tindakan yang diinginkan.
Apabila tidak dipasang secara kreatif, orang-orang akan cenderung malas dan membacanya.
Akibatnya, tidak banyak orang yang tertarik untuk membeli atau melakukan tindakan dalam iklan tersebut.
2. Apa keunggulan iklan yang dipasang di media cetak dan apa pula keunggulan iklan yang dipasang di media elektronik?
Jawaban: Berikut masing-masing keunggulan iklan yang dipasang di media cetak dan media elektronik.
Keunggulan media cetak:
- Dapat menjangkau wilayah geografis tertentu.
Baca Juga: Apa Saja Unsur-Unsur Pembentuk Iklan?
- Pembaca dapat membaca iklan berulang kali, sesuai keinginan.
- Dapat menjelaskan hal-hal yang bersifat lebih kompleks.
- Informasi yang disajikan lebih lengkap dan terperinci.
Keunggulan media elektronik:
- Jangkauannya lebih luas.
- Kualitas visual dan audio yang lebih menarik, sehingga lebih mudah dipahami.
- Kualitas barang yang diiklankan terlihat nyata.
- Proses pendistribusiannya lebih cepat.
Adjarian, itulah pembahasan soal terkait dengan iklan.
Penulis | : | Jestica Anna |
Editor | : | Rahwiku Mahanani |
KOMENTAR