adjar.id - Manajemen personalia merupakan salah satu bidang manajemen.
Manajemen personalia dikenal juga dengan manajemen sumber daya manusia atau manajemen SDM.
Nah, manajemen personalia merupakan bidang manajemen yang penting bagi suatu perusahaan.
Manajemen personalia adalah suatu pendekatan atau proses yang digunakan oleh perusahaan untuk mengelola aspek-aspek yang berkaitan dengan sumber daya manusia,
Manajemen personalia merupakan fungsi kunci dalam setiap organisasi karena sumber daya manusia merupakan aset yang sangat berharga.
Dengan mengelola personalia dengan baik, perusahaan dapat mencapai efisiensi, produktivitas, dan keberhasilan jangka panjangnya.
Yuk, simak pembahasan tugas dan tujuan manajemen personalia berikut in, Adjarian!
"Manajemen personalia bekerja untuk merencanakan, mengorganisasi, mengendalian, mengembangkan, mengarahkan, dan memberhentikan tenaga kerja."
Manajemen personalia memiliki beberapa tugas penting, yaitu:
1. Menentukan dan memberikan sumber daya manusia yang baik untuk perusahaan.
2. Menyeleksi tenaga kerja sesuai dengan apa yang dibutuhkan perusahaan dan memastikan kandidat karyawan ada di posisi yang cocok.
Baca Juga: Fungsi Manajemen Personalia secara Operasional, Materi Ekonomi Kelas XI Kurikulum Merdeka
3. Membuat rancangan anggaran kerja.
4. Mengurus berbagai hal terkait pemberhentian tentang tenaga kerja dan pensiun.
5. Mengurus, mendidik, dan mengembangkan sumber daya manusia yang meliputi proses pendidikan bagi sumber daya manusia.
6. Membuat job specification, job description, dan job analysis.
7. Mengurus kesejahteraan bagi setiap karyawan.
"Salah satu tugas dari manajemen personalia adalah mengurus berbagai hal terkait pemberhentian tentang tenaga kerja dan pensiun."
Tujuan manajemen personalia tidak hanya untuk mencerminkan kehendak dari atasannya saja.
Akan tetapi juga harus menyeimbangkan tantangan organisasi, fungsi sumber daya manusia, dan orang bersangkutan lainnya.
Suatu kegagalan melaksanakan tugas bisa menghancurkan keuntungan, kinerja, produktivitas, dan keberlangsungan perusahaan.
Berikut ini adalah tujuan dari manajemen personalia yang mempunyai kontribusi besar, yaitu:
1. Tujuan organisasi, yaitu sasaran formal yang dibuat agar organisasi bisa mencapai tujuannya.
Baca Juga: 7 Fungsi Manajemen Personalia, Materi Ekonomi Kelas XI Kurikulum Merdeka
2. Tujuan sosial, yaitu perusahaan yang bertanggungjawab secara etis dan sosial kepada tantangan dan keutuhan masyarakat dengan meminimalkan dampak negatifnya.
3. Tujuan individual, yaitu tujuan pribadi dari setiap anggota perusahaan yang akan mencapai tujuannya di perusahaan.
4. Tujuan fungsional, yaitu mempertahankan kontribusi manajemen personalia dalam tingkat yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.
"Tujuan manajemen personalia, yaitu tujuan organisasi, tujuan sosial, tujuan individual, dan tujuan fungsional."
Adjarian, itu tadi pembahasan tentang tugas dan tujuan manajemen personalia dalam suatu perusahaan.
Coba Jawab! |
Apa saja tugas manajemen personalia? |
Petunjuk: Cek halaman 1 dan 2. |
---
Sumber: Buku Ekonomi untuk SMA Kelas XI karya Yeni Fitriani dan Aisyah Nurjanah, Kemdikbudristek Tahun 2022.
Penulis | : | Nabil Adlani |
Editor | : | AdjarID |
KOMENTAR