adjar.id - Di dalam dunia media, terdapat dua jenis iklan, yaitu iklan komersial dan iklan nonkomerisal.
Nah, kali ini kita akan membahas apa itu iklan nonkomerisal beserta tujuan, ciri-ciri, dan contohnya.
Adjarian bisa menyimak materi iklan nonkomersial ini di dalam buku Bahasa Indonesia Kurikulum Merdeka kelas VIII, halaman 55.
Secara umum, iklan adalah pesan yang digunakan untuk membujuk orang untuk membeli sebuah produk atau layanan.
Biasannya iklan ditayangkan di televisi, koran, baliho, dan masih banyak lagi.
Durasi penayangan dan ruang untuk menayangkan iklan biasanya terbatas, sehingga harus dibuat seefektif dan semenarik mungkin.
Berbicara tentang iklan nonkomerisal, iklan satu ini memiliki pengertian dan tujuan yang sedikit berbeda daripada umumnya.
Coba kita simak penjelasannya berikut ini, yuk!
"Terdapat dua jenis iklan berdasarkan tujuannya, yaitu iklan komerisal dan iklan nonkomersial."
Pengertian Iklan Nonkomersial
Iklan nonkomersial merupakan iklan yang berfungsi untuk menyampaikan pesan kepada masyarakat.
Baca Juga: Mengenal Iklan: Pengertian, Kaidah Kebahasaan, dan Strukturnya
Tujuan penyampaian pesan ini supaya masyarakat lebih perhatian terhadap isu-isu sosial.
Umumnya, iklan nonkomersial berbentuk ajakan atau larangan.
Maka itu, biasanya menggunakan kalimat yang mengandung kata ajakan dan larangan, seperti "ayo" atau "jangan".
Berbeda dengan iklan komersial, iklan nonkomerisal tidak bertujuan untuk mendapatkan keuntungan atau mencari calon konsumen.
Meski begitu, desain tata letak iklan nonkomerisal tetap dibuat menarik agar mudah dipahami dan banyak orang tertarik.
"Iklan nonkomerisal adalah iklan yang berisi pesan ajakan atau larangan kepada masyarakat terkait isu sosial dan lingkungan."
Tujuan Iklan Komersial
Dari pengertian di atas, dapat disimpulkan tujuan iklan nonkomersial adalah sebagai berikut:
1. Memberikan informasi terkait isu-isu sosial
2. Mengajak masyarakat untuk hidup yang lebih baik
3. Mengajak masyarakat untuk hidup dengan tertib
Baca Juga: Apa Saja Unsur-Unsur Pembentuk Iklan?
4. Memberikan motivasi
5. Memberikan peringatan untuk hal yang tidak baik
Ciri-Ciri Iklan Nonkomersial
Kita dapat dengan mudah mengidentifikasi iklan nonkomersial dengan memperhatikan ciri-ciri sebagai berikut:
1. Menggunakan kalimat yang menarik dan mudah dimengerti.
2. Menggunakan bahasa yang bersifat mengajak, melarang, merayu, dan lain-lain.
3. Menggunakan animasi yang mudah dipahami untuk berbagai kalangan.
4. Berisi informasi yang berkaitan dengan isu sosial dan lingkungan.
"Iklan nonkomersial bertujuan mengajak masyarakat untuk hidup yang lebih baik dan tertib serta memberikan informasi terkait isu-isu sosial."
Contoh Iklan Nonkomersial
Berikut beberapa contoh iklan nonkomersial yang sering kita lihat.
Baca Juga: Iklan: Pengertian, Tujuan, serta Macam-Macam Iklan
1. Iklan lowongan pekerjaan.
2. Iklan layanan masyarakat
3. Iklan promosi institusi.
4. Iklan pemberitahuan.
Nah, itulah pengertian, tujuan, ciri-ciri, dan contoh iklan nonkomersial, Adjarian.
Coba Jawab! |
Apa yang dimaksud dengan iklan komersial? |
Petunjuk: Cek halaman 1. |
Penulis | : | Jestica Anna |
Editor | : | Rahwiku Mahanani |
KOMENTAR