adjar.id - Di dalam dunia media, terdapat dua jenis iklan, yaitu iklan komersial dan iklan nonkomerisal.
Nah, kali ini kita akan membahas apa itu iklan nonkomerisal beserta tujuan, ciri-ciri, dan contohnya.
Adjarian bisa menyimak materi iklan nonkomersial ini di dalam buku Bahasa Indonesia Kurikulum Merdeka kelas VIII, halaman 55.
Secara umum, iklan adalah pesan yang digunakan untuk membujuk orang untuk membeli sebuah produk atau layanan.
Biasannya iklan ditayangkan di televisi, koran, baliho, dan masih banyak lagi.
Durasi penayangan dan ruang untuk menayangkan iklan biasanya terbatas, sehingga harus dibuat seefektif dan semenarik mungkin.
Berbicara tentang iklan nonkomerisal, iklan satu ini memiliki pengertian dan tujuan yang sedikit berbeda daripada umumnya.
Coba kita simak penjelasannya berikut ini, yuk!
"Terdapat dua jenis iklan berdasarkan tujuannya, yaitu iklan komerisal dan iklan nonkomersial."
Pengertian Iklan Nonkomersial
Iklan nonkomersial merupakan iklan yang berfungsi untuk menyampaikan pesan kepada masyarakat.
Baca Juga: Mengenal Iklan: Pengertian, Kaidah Kebahasaan, dan Strukturnya
Penulis | : | Jestica Anna |
Editor | : | Rahwiku Mahanani |
KOMENTAR