adjar.id - Iklan memiliki fungsi informasional dan fungsi transformasional.
Apa yang dimaksud dengan fungsi informasional dan fungsi transformasional?
Iklan adalah teks yang mendorong dan membujuk khalayak supaya tertarik pada barang atau jasa yang ditawarkan.
Kalau merujuk pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), iklan adalah berita pesanan untuk mendorong, membujuk khalayak ramai agar tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan.
Iklan juga diartikan sebagai pemberitahuan kepada khalayak mengenai barang atau jasa yang dijual, dipasang di dalam media massa (seperti surat kabar dan majalah) atau di tempat umum.
Iklan banyak dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan, Adjarian.
Misalnya untuk kepentingan bisnis, perkantoran, pemerintahan, bahkan perorangan.
Nah, saat memikirkan tentang iklan, pemikiran banyak orang sering kali langsung tertuju pada upaya penawaran suatu produk.
Sebenarnya, tujuan iklan tidak hanya untuk menawarkan produk saja.
Iklan juga memiliki peran atau fungsi informasional dan juga transformasional.
"Selain menawarkan produk berupa barang atau jasa, iklan juga mempunyai fungsi informasional dan fungsi transformasional."
Baca Juga: Apa Saja Unsur-Unsur Pembentuk Iklan?
Pengertian Fungsi Informasional
Iklan mempunyai fungsi informasional.
Maksudnya adalah iklan memberitahukan kepada khalayak atau konsumen mengenai karakteristik suatu produk.
Di samping itu, iklan juga memberitahukan berbagai manfaat yang akan konsumen peroleh jika menggunakan produk tersebut.
Pengertian Fungsi Transformasional
Selain informasional, iklan juga memiliki fungsi transformasional.
Fungsi transformasional pada iklan berarti iklan berusaha untuk mengubah sikap konsumen terhadap suatu merek, pola belanja, gaya hidup, dan teknik-teknik untuk mencapai sukses.
Jadi, dapat disimpulkan bahwa selain menjadi media untuk menawarkan produk, iklan juga memiliki peran dan pengaruh.
Iklan dapat memengaruhi pembentukan kebiasaan, selera, gaya hidup, dan jati diri seseorang atau masyarakat, Adjarian.
Itulah yang dimaksud dengan fungsi informasional dan fungsi transformasional pada iklan.
"Tidak hanya untuk menawarkan produk, iklan juga berpengaruh terhadap kebiasaan, selera, gaya hidup, dan jati diri orang dan masyarakat."
Baca Juga: Jawab Soal Kegiatan 2.1 Materi Iklan, Bahasa Indonesia Kelas VIII SMP
Coba Jawab! |
Apa yang dimaksud dengan fungsi informasional pada iklan? |
Petunjuk: Cek halaman 2. |
---
Sumber: Buku Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs Kelas VIII edisi revisi 2017, Kemendikbud.
Penulis | : | Rahwiku Mahanani |
Editor | : | Rahwiku Mahanani |
KOMENTAR