adjar.id – Apakah Adjarian tertarik berprofesi sebagai customer service?
Pernahkah Adjarian menelepon atau mengirim pesan kepada suatu perusahaan untuk mengutarakan keluhan atau sekadar bertanya mengenai suatu produk?
Nah, itu semua erat kaitannya dengan layanan pelanggan customer service.
Seorang customer service memang diharuskan untuk cepat tanggap. Hal itu merupakan kewajiban bidang layanan pelanggan dalam bisnis apapun.
O iya, dalam memberikan layanan terhadap pelanggan, seorang customer service harus ramah serta menggunakan bahasa yang sopan.
Customer service perlu memiliki keterampilan menyelesaikan masalah yang dihadapi konsumen dengan cepat, lo.
Selain itu, profesi ini juga harus memiliki kemampuan komunikasi dan penguasaan bahasa asing yang baik.
Nah, pada artikel kali ini, kita akan membahas hal-hal terkait customer service, seperti, deskripsi, tugas dan tanggung jawab, serta jenjang karier.
Simak penjelasan berikut, yuk!
Baca Juga: Profesi Sekretaris: Tugas dan Kemampuan yang Harus Dimiliki
Profesi Customer Service
Seorang customer service atau layanan pelanggan bertugas untuk menyediakan informasi dan juga informasi terkait barang dan jasa seusai kebutuhan konsumen.
Dengan demikian, customer service perlu memiliki pengetahuan akan produk atau product knowledge yang luas.
Posisi customer service sangat berguna untuk menjaga hubungan baik antara pelanggan dan perusahaan
Oleh karena itu, seorang customer service diharuskan untuk customer oriented atau berorientasi pada pelanggan.
Di samping itu, customer service juga akan melayani pertanyaan, saran, hingga keluhan konsumendalam menggunakan produk perusahaan.
Adakalanya seorang customer service bertugas dalam pengadmistrasian penjualan, kontrol produk, tata buku, dan pengumpylan informasi pelanggan.
Oleh karena berhadapan langsung dengan pelanggan, customer service bertindak untuk menjaga citra perusahaan.
O iya, customer service tidak melulu ditempatkan sebagai frontliner atau garda depan, lo, ada juga yang bekerja di balik layar.
Baca Juga: Profesi Penerjemah Tulisan, Apa Saja Tugas dan Tanggung Jawabnya?
Tugas dan Tangung Jawab Customer Service
1. Melayani pertanyaan-pertanyaan yang diajukan pelanggan atau konsumen.
2. Memberikan informasi yang diinginkan konsumen mengenai suatu produk selengkap mungkin.
3. Membina hubungan baik dengan konsumen.
4. Melakukan pencatatan administrasi penjualan di sebuah perusahaan.
5. Melakukan penanganan terhadap keluhan-keluhan yang disampaikan oleh konsumen.
Jenjang Karier Customer Service
Jenjang karier yang dimiliki customer service bergantung pada masing-masing sektor perusahaan, Adjarian.
Misalnya, di sektor perbankan, seorang customer service dapat berpotensi menjadi marketing staff, credit analyst, hingga akhirnya dapat menjadi seorang kepala cabang.
Baca Juga: Profesi Arsitek: Deskripsi, Peran, Tanggung Jawab, dan Jenjang Karier
Nah, untuk customer service bagian frontliner atau garda depan juga berkesempatan menjadi head of customer service.
Jenjang karier seorang customer service umumnya berkaitan erat dengan jabatan-jabatan yang trdapat pada divisi marketing atau pemasaran.
Nah, demikian informasi yang berkaitan dengan customer service, seperti tugas, tanggung jawab, dan jenjang kariernya.
Penulis | : | Jestica Anna |
Editor | : | Rahwiku Mahanani |
KOMENTAR