Organisasi Pergerakan Masa Pendudukan Jepang, Materi Sejarah Kelas XI Kurikulum Merdeka

By Rizky Amalia, Rabu, 16 Oktober 2024 | 11:00 WIB
Pada masa pendudukan Jepang di Indonesia (1942–1945), berbagai organisasi pergerakan didirikan oleh pemerintah Jepang dan oleh kalangan pejuang Indonesia. (Wikimedia Commons/Grantuking)

adjar.id - Apa saja organisasi-organisasi masa pendudukan Jepang di Indonesia?

Kali ini kita akan mempelajari tentang organisasi-organisasi masa pendudukan Jepang di Indonesia, materi Sejarah kelas XI Kurikulum Merdeka.

Pada masa pendudukan Jepang di Indonesia (1942–1945), berbagai organisasi pergerakan didirikan oleh pemerintah Jepang dan oleh kalangan pejuang Indonesia.

Jepang yang berusaha memanfaatkan sentimen anti-Belanda dan nasionalisme Indonesia untuk keperluan perang mereka, mengizinkan terbentuknya organisasi-organisasi yang bisa menjadi alat bagi kepentingan mereka.

Namun di sisi lain, organisasi ini juga menjadi wadah bagi para pejuang Indonesia untuk mempersiapkan diri menuju kemerdekaan.

Organisasi-organisasi tersebut memainkan peran penting dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia pada 1945.

Untuk mengetahui apa saja organisasi pergerakan masa pendudukan Jepang, materi Sejarah kelas XI Kurikulum Merdeka, simak informasi berikut ini.

"Organisasi pergerakan masa pendudukan Jepang banyak dimanfaatkan oleh pejuang Indonesia untuk menyebarkan semangat nasionalisme dan mempersiapkan rakyat menuju kemerdekaan."

Organisasi Pergerakan Masa Pendudukan Jepang

1. Putera (Pusat Tenaga Rakyat)

Pada Maret 1943, Jepang mendirikan Putera sebagai wadah untuk menggalang dukungan rakyat Indonesia.

Tokoh-tokoh pergerakan nasional yang terlibat dalam Putera di antaranya adalah Soekarno, Mohammad Hatta, Ki Hajar Dewantara, dan KH. Mas Mansyur yang kemudian dikenal sebagai Empat Serangkai.

Baca Juga: Alasan Jepang Membentuk Pemerintahan Militer di Tiga Kawasan, Materi Sejarah Kelas XI Kurikulum Merdeka