Pola Penyajian Iklan Media Cetak dan Iklan Elektronik

By Mumtahanah Kurniawati, Selasa, 1 Agustus 2023 | 08:00 WIB
Iklan media cetak dan iklan elektronik disajikan dengan cara yang berbeda. (Unsplash/DennisMaliepaard)

adjar.id - Dalam kehidupan sehari-hari kita dapat dengan mudah menemukan iklan, seperti di jalanan, pasar, mal, dan berbagai tempat lain.

Iklan merupakan gabungan antara teks lisan, tertulis, dan gerak.

Berdasarkan media yang digunakan, jenis iklan dapat dibedakan menjadi dua, yaitu iklan media cetak dan iklan elektronik.

Iklan media cetak adalah iklan yang menggunakan sarana media massa yang dicetak, seperti surat kabar dan majalah.

Kemudian, iklan elektronik adalah iklan yang menggunakan sarana media masa yang menggunakan alat elektronik modern, seperti televisi dan radio.

Nah, masing-masing jenis iklan tersebut memiliki karakteristik tersendiri dalam pola penyajiannya, Adjarian.

Seperti apa, ya? Yuk, kita pelajari bersama!

"Berdasarkan media yang digunakan iklan dibedakan menjadi iklan media cetak dan iklan elektronik."

Pola Penyajian Iklan Media Cetak

Iklan dalam media cetak menggunakan bahasa tertulis dalam penyampaian pesannya.

Oleh sebab itu, penting untuk mengutamakan kejelasan dalam setiap kata-kata yang digunakan.

Namun, selain kata-kata, iklan dalam media cetak juga mengandalkan desain grafis, yang mencakup tata letak gambar dan jenis huruf.

Baca Juga: 6 Unsur Pembentuk Iklan

Nah, berdasarkan keluasan ruang, iklan media cetak dibagi menjadi dua, yaitu:

1. Iklan Baris

Iklan yang disajikan dalam bentuk barisan teks yang sangat terbatas dan tidak ada gambar atau ilustrasi.

2. Iklan Kolom

Iklan yang disajikan dalam bentuk kolom-kolom yang besar dan sering menggunakan gambar atau ilustrasi.

"Pola penyajian iklan media cetak menggunakan bahasa tertulis dan gambar."

Pola Penyajian Iklan Elektronik

Iklan elektronik merupakan iklan yang disajikan menggunakan perangkat elektronik.

Iklan elektronik dibagi menjadi tiga, yakni:

1. Iklan Radio

Iklan yang disajikan dengan mengandalkan efek suara, seperti musik-musik atau bunyi-bunyi yang dapat menarik perhatian pendengar.

2. Iklan Televisi

Baca Juga: 4 Langkah Membuat Iklan, Materi Bahasa Indonesia Kelas 8 Kurikulum Merdeka

Iklan yang disajikan dengan gabungan antara unsur suara, gambar, dan gerak.

3. Iklan Film

Iklan yang disajikan dalam sebuah film yang biasanya muncul sebelum film dimulai.

"Pola penyajian iklan elektronik menggunakan suara, gambar, dan gerak."

Nah, itulah pola penyajian iklan media cetak dan iklan elektronik.

Coba Jawab!
Apa yang dimaksud dengan iklan media cetak?
Petunjuk: Cek halaman 1.

---

Sumber: Buku Bahasa Indonesia SMP/MTS Kelas VIII Karya E. Kosasih.

Tonton video ini juga, yuk!