Apa Itu Manajemen Sumber Daya Manusia?

By Nabil Adlani, Selasa, 1 November 2022 | 12:00 WIB
Manajemen sumber daya manusia lebih terfokus terhadap masalah kepegawaian dalam perusahaan. (pexels/Andrea Piacquadio)

adjar.id – Apa yang dimaksud dengan manajemen sumber daya manusia?

Manajemen sumber daya manusia atau manajemen SDM merupakan salah satu bidang dalam manajemen.

Manajemen sendiri adalah suatu keahlian atau teknik untuk merencanakan, mengarahkan, mengawasi, dan mengorganisasikan penggunaan sumber daya secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan.

Nah, kali ini kita akan membahas mengenai manajemen sumber daya manusia yang menjadi materi ekonomi kelas 12 SMA, Adjairan.

Manajemen sumber daya manusia adalah kegiatan merencanakan, mengoordinasikan, dan mengarahkan semua pekerjaan yang menyangkut pegawai.

Hal ini termasuk juga mengenai pencarian pegawai, pelatihan atau pengorganisasian, dan pelayanan pegawai.

Tanggung jawab dari manajemen sumber daya manusia adalah untuk mengurus berbagai kebutuhan perusahaan yang terkait dengan sumber daya manusia.

Bagi sebuah perusahaan, manajemen sumber daya manusia sangat penting keberadaaannya untuk mengatur, mengelola, menggunakan, dan mengurus sumber daya manusia.

Dengan begitu nantinya bisa berfungsi secara produktif, efektif, dan efisien dalam mencapai tujuan dari perusahaan.

Nah, berikut beberapa pengertian manajemen sumber daya manusia menurut para ahli. Selain itu juga fungsi dan seleksi tenaga kerja dalam manajemen sumber daya manusia.

“Manajemen sumber daya manusia menjadi bidang kajian penting dalam suatu perusahaan karena berkaitan dengan persoalan sumber daya manusia.”

Baca Juga: Manajemen Perkantoran: Fungsi dan Jenis Pekerjaan