Faktor yang Memengaruhi Integrasi Sosial dalam Masyarakat

By Nabil Adlani, Jumat, 4 Februari 2022 | 13:30 WIB
Integrasi sosial bisa menciptkan kehidupan yang harmonis dan stabil pada masyarakat multikultural. (unpslash/FarhanAbas)

adjar.id – Terdapat beberapa faktor yang memengaruhi integrasi sosial.

Masyarakat di Indonesia memiliki keberagaman yang bisa disebut sebagai multikultural.

Nah, bersatunya perbedaan-perbedaan yang ada dalam masyarakat multikultural merupakan salah satu penyebab yang akan membawa masyarakat ke arah integrasi sosial.

Kali ini kita akan membahas mengenai beberapa faktor yang memengaruhi proses integrasi sosial yang juga menjadi materi sosiologi kelas 11 SMA.

O iya, integrasi sosial sendiri adalah suatu proses penyatuan antara dua unsur atau lebih yang mengakibatkan terciptanya suatu keinginan yang berjalan dengan baik.

Dalam kehidupan sosial, dapat diartikan sebagai suatu proses mempertahankan kelangsungan hidup masyarakat sebagai suatu sistem.

Masyarakat multikultural yang penuh dengan keragaman dan perbedaan jika bisa mencapai keadaan terintegrasi akan membawa ke arah harmonisasi dan stabilitas kehidupan.

Nah, yuk, kita cari tahu apa saja faktor yang memengaruhi integrasi sosial!

“Perbedaan dalam masyarakat Indonesia menjadi sebuah bagian dari keragaman yang bisa digunakan sebagai pemersatu individu.”

Baca Juga: Pengelompokkan Jenis Integrasi Sosial Berdasarkan Pengertiannya

Faktor yang Memengaruhi Integrasi Sosial

Ada beberapa kekuatan yang fungsional dan relevan dalam integrasi sosial, yaitu homogenitas kelompok, besar kecilnya kelompok, perpindahan fisik, serta efektivitas dan efisiensi komunikasi.