Macam-Macam Teori Inflasi dan Pengaruh Inflasi bagi Perekonomian

By Nabil Adlani, Rabu, 15 Desember 2021 | 10:00 WIB
Inflasi disebabkan karena berbagai hal yang dikemukakan melalui teori inflasi. (unsplash/NeONBRAND)

adjar.id – Adjarian, ada macam-macam teori inflasi yang menyoroti aspek tertentu dari proses inflasi.

Inflasi sendiri merupakan kondisi naiknya harga barang dan jasa yang terjadi secara terus menerus dan dalam waktu yang relatif lama.

Kondisi naiknya harga barang dan jasa ini bisa disebut sebagai inflasi jika harga barang dan jasa lainnya juga ikut mengalami kenaikan.

Nah, kali ini kita akan membahas mengenai teori inflasi dan pengaruh dari inflasi ini terhadap perekonomian suatu negara yang menjadi materi ekonomi kelas 10 SMA.

Baca Juga: Jawab Soal Kewenangan Bank Indonesia Selaku Pemegang Kekuasaan Moneter

Inflasi ini umumnya terjadi karena naiknya biaya produksi dan permintaan yang tinggi serta terjadi secara terus menerus.

Dampak terjadinya inflasi ini akan berperangaruh terhadap masyarakat dan perekonomian negara, sehingga menjadi perhatian utama dari bank sentral.

O iya, inflasi juga diakibatkan oleh peredaran uang yang lebih banyak daripada yang dibutuhkan, karena pemerintah menerapkan sistem anggaran defisit dengan mencetak uang baru.

Yuk, kita simak penjelasan mengenai macam-macam teori inflasi dan pengaruh inflasi bagi perekonomian suatu negara berikut ini, Adjarian!

“Inflasi bisa dikatakan sebagai suatu proses kenaikan harga, yaitu adanya kecenderungan harga meningkat secara terus menerus.”