adjar.id - Iklan Toko Buku Biru Muda termasuk ke dalam iklan komersial, Adjarian.
Iklan komersial merupakan iklan yang dibuat dengan tujuan untuk mempromosikan suatu produk atau hal lainnya agar konsumen tertarik untuk membeli atau melakukan tindakan.
Nah, pada soal Tabel 2.6 di buku Bahasa Indonesia Kelas VIII Kurikulum Merdeka, Bab 2, halaman 51, kita ditugaskan untuk melakukan analisis terkait pesan-pesan yang terkandung dalam iklan tersebut.
Sebuah iklan komersial biasanya dibuat dengan menggunakan kalimat-kalimat persuasif untuk mempengaruhi pembaca.
Sehingga, untuk menentukan pesan-pesan dalam iklan Toko Buku Biru Muda kita perlu memahami setiap makna kalimat dalam iklan.
Nah, berikut pembahasan soal tersebut.
Yuk, kita simak bersama untuk referensi!
Pesan-Pesan yang Terkandung dalam Iklan Toko Buku Biru Muda
1. Iklan apakah itu?
Jawaban: Iklan toko buku.
Jawaban diketahui dari: Nama toko yang ditampilkan dalam iklan dan gambar pada iklan.
Baca Juga: Apa Itu Iklan Komersial? Materi Bahasa Indonesia Kelas VIII Kurikulum Merdeka
2. Siapa yang membuat iklan tersebut?
Jawaban: Iklan tersebut dibuat oleh pihak toko buku Biru Muda.
Jawaban diketahui dari: Nama toko.
3. Iklan tersebut ditujukan untuk siapa?
Jawaban: Iklan tersebut ditujukan untuk konsumen yang menyukai buku dan sedang mencari atau membutuhkan buku.
Jawaban diketahui dari: Promosi dan kalimat yang digunakan dalam iklan.
4. Pesan apa yang ingin disampaikan oleh iklan tersebut?
Jawaban: Iklan tersebut ingin menyampaikan bahwa toko buku Biru Muda merupakan toko buku yang lengkap, sehingga jika ingin membeli buku sebaiknya di toko buku Biru Muda saja.
Jawaban diketahui dari: Teks dan foto yang ditampilkan pada iklan tersebut.
Itu dia pembahasan soal Tabel 2.6 terkait pesan-pesan dalam iklan.
---
Sumber: Buku Bahasa Indonesia SMP Kelas VIII Karya Maya Lestari Gusfitri, dkk., Kemdikbud.
Tonton video ini juga, yuk!
Penulis | : | Mumtahanah Kurniawati |
Editor | : | Rahwiku Mahanani |
KOMENTAR