adjar.id - Bidang manajemen sangat beragam jenisnya, salah satunya manajemen personalia.
Manajemen personalia biasa disebut juga dengan manajemen sumber daya manusia, Adjarian.
Menurut Hasibuan, manajemen personalia adalah ilmu dan seni untuk mengatur hubungan dan peranan tenaga kerja agar efektif dan efisien, sehingga dapat membantu terwujudnya tujuan perusahaan dan karyawan.
Manajemen personalia memiliki keterkaitan dengan pengurusan sumber daya manusia atau karyawan di perusahaan.
Nah, kegiatan yang dilakukan oleh manajemen personalia, di antaranya perekrutan karyawan, pengembangan karyawan, dan lain sebagainya.
Berikut beberapa fungsi manajemen personalia.
"Manajemen personalia mengatur tentang sumber daya manusia atau karyawan di suatu perusahaan."
Fungsi manajemen personalia, yaitu:
1. Perencanaan
Perencanaan sebagai fungsi manajemen personalia adalah merencanakan karyawan secara efektif dan efisien.
Dengan begitu, dapat sesuai dengan kebutuhan perusahaan dalam mewujudkan tujuan perusahaan.
Baca Juga: Apa Itu Manajemen Sumber Daya Manusia?
Perencanaan bisa dilakukan dengan menetapkan program kepegawaian yang termasuk seluruh fungsi manajemen personalia.
Program kepegawaian yang baik bisa membantu tercapainya tujuan perusahaan, karyawan, dan masyarakat yang terlibat di dalamnya.
2. Pengorganisasian
Pengorganisasian adalah suatu kegiatan untuk mengorganisasikan seluruh karyawan.
Hal ini dilakukan dengan cara menetapkan pembagian kerja, integrasi, delegasi wewenang, dan koordinasi struktur organisasi.
Sebagai alat untuk mencapai tujuan, organisasi harus dapat bekerja sesuai dengan ketetapan yang telah ditetapkan.
Tanpa organisasi yang baik, maka tujuan perusahaan tidak bisa tercapai secara efektif.
3. Pengarahan
Pengarahan merupakan proses mengarahkan seluruh karyawan agar mampu dan mau bekerja sama dan bekerja efektif.
Tujuannya agar karyawan dapat membantu tercapainya tujuan perusahaan, karyawan, dan masyarakat.
Biasanya fungsi pengarahan ini dilakukan oleh pimpinan dengan menugaskan bawahannya agar mengerjakan seluruh tugasnya dengan baik.
Baca Juga: 7 Prinsip Manajemen Keuangan, Materi Ekonomi Kelas XI Kurikulum Merdeka
4. Pengendalian
Fungsi pengendalian adalah suatu kegiatan yang mengendalikan karyawan agar menaati perencanaan dan peraturan kerja di perusahaan.
Jika nantinya terdapat penyimpangan, maka karyawan akan diberikan tindakan perbaikan dan penyempurnaan.
Pengendalian ini bisa berupa kedisiplinan, kehadiran, kerja sama, perilaku, pelaksanaan pekerjaan, dan menjaga situasi kerja.
5. Pengadaan
Pengadaan adalah proses seleksi, penarikan, orientasi, induksi, dan penempatan.
Agar bisa mendapatkan hasil yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.
6. Pengembangan
Fungsi pengembangan adalah proses peningkatan keterampilan karyawan, baik secara teoretis, keterampilan teknis, konseptual, maupun moral.
Hal ini dilakukan melalui program pelatihan dan pendidikan yang dilakukan oleh perusahaan.
Pelatihan dan pendidikan yang dilaksanakan harus bisa sesuai dengan kebutuhan pekerjaan di saat ini dan masa depan.
Baca Juga: 5 Konsep Manajemen Pemasaran, Materi Ekonomi Kelas XI Kurikulum Merdeka
7. Kompensasi
Kompensasi adalah pemberian balas jasa, baik secara langsung maupun tidak langsung.
Kompensasi ini bisa diberikan dalam bentuk uang atau barang kepada karyawan.
Kompensasi diterapkan sebagai bentuk imbalan atas jasa dan tenaga yang diberikan karyawan untuk perusahaan.
"Fungsi manajemen personalia terbagi menjadi fungsi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengendalian, pengadaan, pengembangan, dan kompensasi."
Itulah fungsi manajemen personalia sebagai salah satu bidang dalam manajemen.
Coba Jawab! |
Apa yang dimaksud dengan fungsi pengarahan? |
Petunjuk: Cek halaman 2 dan 3. |
---
Sumber: Materi Ekonomi untuk SMA Kelas XI karya Yeni Fitriani dan Aisyah Nurjanah, Kemdikbudristek Tahun 2022.
Penulis | : | Nabil Adlani |
Editor | : | Rahwiku Mahanani |
KOMENTAR