adjar.id - Iklan sangat mudah kita temukan dalam kehidupan sehari-hari.
Menurut KBBI, iklan berarti berita pesanan untuk mendorong, membujuk khalayak ramai agar tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan.
Selain itu, iklan juga diartikan sebagai pemberitahuan kepada khalayak mengenai barang atau jasa yang dijual, dipasang di dalam media massa (seperti surat kabar dan majalah) atau di tempat umum.
Sebuah iklan dibentuk atas beberapa unsur, Adjarian. Apa saja, ya?
Nah, berikut unsur-unsur pembentuk iklan.
"Iklan merupakan media untuk memberitahukan dan menawarkan suatu barang atau jasa."
1. Sumber
Sumber iklan bisa dikatakan sebagai dasar dalam pembuatan iklan.
Untuk membuat sebuah iklan perlu ada sumbernya, seperti pihak yang ingin membuat iklan, dana untuk produksi hingga pemasangan iklan, dan tim kreatif.
2. Pesan
Dalam sebuah iklan pasti ada pesan yang ingin disampaikan yang telah disesuaikan dengan tujuan pembuatan iklan.
Baca Juga: 4 Langkah Membuat Iklan, Materi Bahasa Indonesia Kelas 8 Kurikulum Merdeka
Pesan dalam sebuah iklan dapat berwujud pesan verbal ataupun nonverbal.
3. Media
Untuk menyebarkan sebuah iklan, kita perlu menentukan media yang ingin digunakan, Adjarian.
Media untuk menyebarkan iklan bisa berupa media cetak, media elektronik, dan media lainnya.
4. Penerima
Iklan yang baik telah menentukan target, yaitu penerima iklan yang telah dibuat.
Menentukan penerima atau target dalam iklan akan berpengaruh pada proses pembuatan iklan dan media yang dipilih.
Tujuannya untuk menghasilkan iklan yang tepat sasaran sehingga memberikan banyak peluang kesuksesan dari iklan.
5. Efek
Efek merupakan perubahan atau reaksi dari penerima terhadap iklan.
Efek tersebut dapat berupa perubahan sikap, pola pikir, perilaku, dan lain-lain.
Baca Juga: Unsur-Unsur Iklan Media Cetak dan Ciri-Ciri Bahasa Iklan
6. Umpan Balik
Umpan balik merupakan tanggapan dari penerima terhadap iklan yang diterima oleh pembuat iklan.
Misalnya, pembelian produk yang diiklankan atau perubahan perilaku membuang sampah pada tempatnya sesuai dengan pesan dalam iklan.
"Unsur-unsur pembentuk iklan meliputi sumber, pesan, media, penerima, efek, dan umpan balik."
Nah, itulah unsur-unsur yang membentuk sebuah iklan.
Coba Jawab! |
Apa pengertian iklan menurut kamus? |
Petunjuk: Cek halaman 1. |
---
Sumber: Buku Bahasa Indonesia SMP/MTS Kelas VIII Karya E. Kosasih.
Tonton video ini juga, yuk!
Penulis | : | Mumtahanah Kurniawati |
Editor | : | Rahwiku Mahanani |
KOMENTAR