adjar.id – Adjarian, kali ini kita akan mencoba membahas soal-soal seputar literasi digital.
Soal-soal literasi digital tersebut ada di dalam buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kurikulum Merdeka kelas VIII, halaman 135-136.
Literasi digital adalah kemampuan memahami informasi digital atau dapat disebut dengan melek digital.
Literasi digital menjadi satu kemampuan yang harus dimiliki oleh masyarakat yang hidup di era teknologi digital seperti saat ini.
Tanpa adanya kemampuan ini, kita akan semakin tertinggal mengingat perkembangan teknologi berjalan sangat pesat.
Dengan literasi digital, kita bisa memahami mana informasi yang valid dan tidak valid.
Selain itu, kita juga bisa lebih memanfaatkan teknologi untuk hal-hal yang produktif.
Nah, pada soal-soal kali ini sudah disediakan permasalahan seputar literasi digital yang masih berhubungan dengan kehidupan sehari-hari.
Tugas kita adalah memberikan pandangan dan solusi terhadap permasalahan tersebut.
Uji Kompetensi
Cermatilah Peristiwa-Peristiwa di bawah ini. Lalu, tuliskan pendapatmu untuk menjawab persoalan yang diajukan.
Baca Juga: Merawat Kebinekaan melalui Literasi Digital, Materi PPKn Kelas VIII
1. Ita memperoleh sebuah informasi dan membagikannya ke whatsapp group. Nina merasa informasi yang dibagikan Ita meragukan.
Kemudian, Nina melakukan telusur informasi untuk mengkroscek kebenaran informasi tersebut. Nina menyimpulkan bahwa informasi yang dibagikan Ita tidak valid.
Namun, Ita bersikeras bahwa informasi yang dibagikannya valid. Ita menunjukkan sumber internet informasi tersebut.
Bagaimana pendapat kalian tentang perbedaan pendapat antara Ita dan Nina dalam menilai validitas informasi?
Apa solusi yang bisa kalian tawarkan, terutama untuk menentukan secara objektif validitas informasi yang dibagikan Ita?
Jawaban: Perbedaan pendapat adalah suatu hal yang wajar, apalagi saat ini semakin banyak informasi yang bisa kita dapatkan di internet.
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat ingin menguji validitas informasi, seperti judul berita, sumber berita, gambar, dan pendapat atau sumber ahli di dalam berita tersebut.
Jika sudah yakin berita tersebut salah, maka kita harus mencari sumber yang melibatkan ahli dalam bidang tersebut sebagai bukti.
2. Edo mengajukan sebuah pertanyaan dalam whatsapp group yang diikutinya. Namun, hanya ada dua orang yang menanggapi. Dan itupun jawabannya kurang tepat menurut Edo.
Sementara anggota yang lain tidak ada yang berkomentar. Menurut analisis kalian, mengapa pertanyaan dari Edo tidak ada yang menanggapi? Bagaimana sebaiknya sikap Edo terhadap dua komentar yang ada?
Jawaban: Kemungkinan besar, anggota grup lain tidak tahu mengenai pertanyaan yang diajukan Edo. Sebaiknya, Edo menghargai pendapat yang diberikan dua temannya itu.
Baca Juga: 2 Prinsip Umum Etika Berinternet (Netiket), Materi PPKn Kelas VIII
Kita tidak bisa memaksa orang lain untuk menanggapi kita dan berpendapat sesuai dengan apa yang kita inginkan.
3. Sekolah kalian mengalami kesulitan untuk menyajikan secara real time data kehadiran siswa. Selama ini, absensi siswa dilakukan secara manual, sehingga harus direkap terlebih dahulu setiap
akhir bulan.
Menurut kalian, bagaimana cara yang sebaiknya dilakukan sekolah? Inovasi digital apa yang bisa ditawarkan untuk mengatasi persoalan tersebut?
Jawaban: Sekolah dapat memanfaatkan presensi melalui sidik jari yang dipasang di halaman depan sekolah.
Selain itu, kartu pelajar juga dapat dimanfaatkan sebagai ID card untuk presensi.
Itulah pembahasan soal PPKn seputar literasi digital, Adjarian.
Penulis | : | Jestica Anna |
Editor | : | Rahwiku Mahanani |
KOMENTAR