adjar.id – Manajemen pemasaran memiliki empat hal pokok yang menjamin keberhasilan suatu perusahaan.
Manajemen pemasaran merupakan salah satu bidang dalam manajemen, Adjarian.
Manajemen adalah suatu keahlian atau teknik untuk merencanakan, mengorganisasikan, mengawasi, dan mengarahkan penggunaan sumber daya secara efektif dan efisien.
Nah, kali ini kita akan membahas mengenai empat hal pokok yang menjamin keberhasilan perusahaan dalam manajemen pemasaran yang menjadi materi sosiologi kelas 12 SMA.
Manajemen pemasaran merupakan proses perencanaan dan pelaksaan penetapan konsep produk, penetapan harga, pendistribusian barang, dan promosi.
Sehingga, memungkinkan terjadinya pertukaran untuk memenuhi tujuan dan organisasi.
Menurut konsep pemasaran pencapaian sasaran organisasi bergantung pada penentuan kebutuhan dan keinginan pasar sararan.
Sementara menurut konsep penjualan, konsumen tidak akan membeli produk organisasi dalam jumlah yang cukup, kecuali organisasi mangadakan usaha penjual skala besar.
Pemasaran merupakan orientasi manajemen yang beranggapan bahwa tugas utama perusahaan adalah memaksimalkan kepuasan konsumen.
Yuk, kita simak penjelasan mengenai hal pokok yang menjamin keberhasilan perusahaan berikut ini, Adjarian.
“Manajemen pemasaran merupakan salah satu bidang manajemen yang berfokus pada penjualan.”
Baca Juga: Manajemen Perkantoran: Fungsi dan Jenis Pekerjaan
Hal Pokok yang Menjamin Keberhasilan Perusahaan
Dalam manajemen pemasaran, terdapat empat hal pokok yang akan menjamin keberhasilan perusahaan dalam memasarkan produknya, yaitu:
1. Produk
Produk adalah suatu yang ditawarkan kepada pasar, baik produk fisik maupun jasa-jasa.
Dalam menghasilkan produk, produsen hendaknya lebih memerhatikan kebutuhan keinginan konsumen di pasaran.
Produk dapat dibagi menjadi tiga tingkatan, yaitu:
- Produk inti, yaitu produk yang paling dasar yang terdiri atas jasa untuk memacahkan masalah atau manfaat inti yang dicari konsumen saat ingin membeli suatu produk.
- Produk aktual, yaitu produk yang berada di sekutar produk inti, di antaranya tingkat mutu, sifat, desain, kemasan, dan nama merek.
- Produk tambahan, yaitu tambahan jasa dan manfaat bagi konsumen yang diberikan di sekitar produk-produk inti dan produk aktual.
“Produk merupakan suatu yang ditawarkan bagi pasar, baik berupa produk fisik maupun jasa.”
2. Harga
Baca Juga: Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli
Harga adalah kompensasi yang harus dilakukan untuk mendapatkan sejumlah barang dan jasa.
Dalam menetapkan harga produk, produsen harus memperhitungkan biaya produksi sehingga tidak terlalu tinggi atau rendah yang akan memengaruhi konsumen dan produsen.
Ada empat kebijakan harga yang bisa digunakan perusahaan, yaitu:
- Price discount atau potongan harga yang bisa dilakukan berdasarkan jumlah pembelian, musim, tujuan tertentu perusahaan atau sistem pembayaran yang ditetapkan perusahaan.
- Promotional discount dilakukan melalui dua cara yaitu konsumen membeli barang meski tidak diperlukan dan konsumen membeli barang lain selain barang yang dijual murah.
- Nem product pricing atau penetapan harga barang baru dilakukan melalui penetapan harga setinggi mungkin dan penetapan harga serendah mungkin.
- Geographic pricing, yaitu kebijakan penetapan harga dengan mempertimbangkan ongkos pengiriman.
“Kebijakan harga yang bisa digunakan perusahaan, di antaranya price discount, promotion discount, nem product pricing, dan geographic pricing.”
3. Saluran Distribusi
Saluran distribusi atau place, yaitu perantara perdagangan yang melakukan kegiatan menyalurkan produk dari produsen kepada konsumen.
Peranan saluran distribusi ini penting karena pada umumnya tidak semua barang bisa dikonsumsi secara langsung oleh penggunanya.
Baca Juga: Jawab Soal Lembar Aktivitas 12: Post Test Manajemen, Materi Ekonomi Kelas 11 Kurikulum Merdeka
Saluran distribusi bisa dilakukan melalui empat cara, yaitu:
- Distribusi yang dilakukan langsung dari produsen ke konsumen.
- Distribusi yang dilakukan dari produsen melalui distributor kemudian ke konsumen.
- Distribusi yang dilakukan dari produsen ke distributor, agen, kemudian ke konsumen.
- Distribusi yang dilakukan dari produsen ke distributor, agen, pengecer, dan konsumen.
4. Promosi
Promosi adalah kegiatan-kegiatan yang dilakukan perusahaan secara aktif untuk mendorong konsumen membeli produk yang ditawarkan.
Selain itu, promosi berfungsi untuk memengaruhi keputusan konsumen untuk membeli suatu produk tertentu.
Promosi ini bisa dilakukan dengan beberapa teknik, yaitu personal selling, advertising, publicity, dan sales promotion.
Nah, itulah Adjarian, empat hal pokok yang menjamin keberhasilan perusahaan dalam manajemen pemasaran.
Coba Jawab! |
Apa yang dimaksud dengan manajemen pemasaran? |
Petunjuk: Cek halaman 1. |
Penulis | : | Nabil Adlani |
Editor | : | AdjarID |
KOMENTAR