adjar.id – Untuk bisa memahami perkerjaan seorang manajer yang kompleks, kita harus bisa mengetahui peranan manajer terlebih dahulu, Adjarian.
Manajer merupakan salah satu istilah yang sering dikenal dalam dunia manajemen.
Manajemen adalah suatu keahlian atau teknik untuk merancang, mengorganisasikan, mengarahkan, dan mengawasi penggunaan sumber daya secara efektif dan efisien.
Tujuannya adalah agar bisa mencapai cita-cita atau keinginan yang sudah ditentukan.
Lalu, apa itu manajer?
Manajer aadalah seseorang yang bertindak sebagai perencana, pengorganisasian, pengendali, dan pelaksana sumber daya untuk mencapai tujuan.
Seorang manajer yang baik harus memiliki sifat kepemimpinan, Adjarian.
Kepemimpinan adalah sikap dan perilaku untuk memengaruhi bawahan agar mereka bisa bekerja sama dan mencapai tujuan secara efektif dan efisien.
Jadi, bisa dikatakan bahwa manajer merupakan seorang pemimpin atau atasan langsung dari seorang karyawan atau anggota.
Nah, yuk, kita pelajari lebih lanjut peranan manajer yang merupakan salah satu materi ekonomi kelas 12 SMA!
“Manajer dibedakan menjadi beberapa jenis, yaitu berdasarkan cakupan aktivitas yang dilakukan dan berdasarkan jenjang.”
Baca Juga: Jawab Soal Syarat yang Harus Dimiliki Seorang Manajer Perusahaan
Peranan Manajer
Menurut Mintzberg, peranan manajer dikelompokkan menjadi tiga kategori, yaitu:
1. Peranan Hubungan Antarpribadi
Peranan hubungan antarpribadi ini mencakup:
- Wakil organisasi, yaitu manajer harus bisa melaksanakan tugas-tugas secara sah atau bersifat seremonial, seperti menyambut kunjungan resmi.
- Pemimpin, yaitu manajer mengarahkan dan mendorong bawahan.
- Pejabat perantara, yaitu manajer membentuk jaringan hubungan secara ekstern, yaitu berusaha mengenali teman sejawatnya dan membangun hubungan yang saling mewakili.
2. Peranan yang Berhubungan dengan Informasi
Peranan yang berhubungan dengan informasi meliputi:
- Pencatat, yaitu manajemen mendapat informasi dan menganalisa hubungan operasi serta hubungan ekstern.
- Penyebar informasi, yaitu manajer mengunjungi pertemuan untuk menerima informasi dari luar kemudian menyebarkan informasi tersebut ke dalam organisasi.
Baca Juga: Sumber Daya Manajemen yang Diperlukan oleh Manajer
- Juru bicara, yaitu manajer berbicara berdasarkan kepentingan organisasi dan menyampaikan informasi keluar organisasi.
3. Peranan dalam Keputusan
Peranan dalam keputusan meliputi:
- Pemrakarsa adalah perancang, yaitu manajer memulai perubahan dengan melaksanakan tugas kewirausahaan.
- Penghalau gangguan, yaitu manajer memainkan peran sebagai pengurus gangguan mengenai masalah-masalah yang tidak diharapkan, seperti permusuhan antara dua bawahan.
- Pembagi sumber penghasilan, yaitu manajer menentukan penyaluran sumber dana organisasi, seperti uang, perlengkapan, dan waktu.
- Perunding, yaitu manajer mewakili organisasi dalam melakukan perundingan tenaga kerja, baik orang luar maupun orang dalam.
"Peranan manajer menurut Mintzberg dikelompokkan menjadi tiga, yaitu peranan hubungan antarpribadi, peranan yang berhubungan dengan informasi, dan peranan dalam keputusan."
Nah, itulah peranan manajer dalam organisasi, Adjarian.
Coba Jawab! |
Apa yang dimaksud dengan manajer? |
Petunjuk: Cek halaman 1. |
Penulis | : | Nabil Adlani |
Editor | : | Rahwiku Mahanani |
KOMENTAR