adjar.id - Berdasarkan tujuannya, iklan dibagi menjadi dua jenis, yaitu iklan komersial dan iklan nonkomersial.
Jenis iklan komersial dan nonkomersial ini dibahas pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas VIII SMP.
Baik iklan komersial maupun iklan nonkomersial saat ini banyak bermunculan di berbagai media.
Kemunculan iklan di berbagai media ini sebagai bentuk promosi diri.
Oleh karena itu, iklan biasanya disampaikan menggunakan bahasa yang mudah dipahami dan dimengerti.
Cara penyampaiannya pun singkat, sebab orang-orang cenderung hanya melihat iklan secara sekilas.
Nah, kali ini kita akan belajar perbedaan iklan komersial dan nonkomersial.
Coba kita simak bersama penjelasan di bawah ini, yuk!
"Terdapat dua jenis iklan beradarkan tujuannya, yaitu iklan komerisal dan iklan nonkomersial."
Iklan Komersial
Iklan komersial merupakan iklan yang betujuan untuk memasarkan atau menawarkan produk, baik berupa barang maupun jasa.
Baca Juga: Mengenal Iklan: Pengertian, Kaidah Kebahasaan, dan Strukturnya
Oleh karena bertujuan untuk mendapat keuntungan, iklan komersial biasa disebut dengan iklan niaga.
Adjarian bisa dengan mudah menemukan jenis iklan satu ini di berbagai media, seperti televisi, radio, internet, atau di sudut kota.
Ciri-ciri iklan komersial:
1. Menggunakan bahasa yang persuasif.
2. Menggunakan tata letak dan visual yang menarik.
3. Menjelaskan suatu produk.
4. Menggunakan kalimat yang mudah dimengerti dan menarik.
5. Memaparkan keuntungan produk.
Contoh-contoh iklan komersial:
1. Bacalah Majalah Bobo yang bisa menjadi teman bermain dan belajar!
2. Asah kreativitasmu bersama Mombi, majalah kreativitas!
Baca Juga: Apa Saja Unsur-Unsur Pembentuk Iklan?
"Iklan komerisal adalah jenis iklan yang menawarkan suatu produk."
Iklan Nonkomersial
Berbeda dengan iklan komersial yang menawarkan jasa, iklan nonkomerisal adalah iklan yang bertujuan untuk mencapai kondisi kehidupan yang baik.
Iklan nonkomersial kerap disebut dengan iklan layanan masyarakat.
Fungsi utama dari iklan layanan masyarakat adalah untuk memberikan pesan moral yang bersifat mengajak masyarakat untuk melakukan atau menghindari sesuatu yang disampaikan.
Ciri-ciri iklan nonkomersial:
1. Menggunakan bahasa persuasif dan imperatif.
2. Menjelaskan suatu isu lingkungan atau sosial.
3. Menggunakan kalimat yang snagat menarik dan mudah dimengerti.
Contoh-contoh iklan nonkomersial:
1. Dilihat, Diraba, Diterawang.
Baca Juga: Iklan: Pengertian, Tujuan, serta Macam-Macam Iklan
2. Jangan lupa terapkan 3M.
3. Orang bijak bayar pajak.
4. Stop pemanasan global.
"Iklan nonkomerisal berisi imbauan untuk melakukan atau menghindari suatu hal yang berkaitan dengan isu lingkungan atau sosial."
Nah, itulah penjelasan mengenai iklan komersial dan iklan nonkomersial, Adjarian.
Coba Jawab! |
Apa yang dimaksud dengan iklan komersial? |
Petunjuk: Cek halaman 1. |
Penulis | : | Jestica Anna |
Editor | : | Rahwiku Mahanani |
KOMENTAR