adjar.id - Pernahkah Adjarian mengamati iklan dalam media cetak?
Jika membaca koran atau media cetak lainnya, sering kali kita menemukan iklan.
Iklan dalam media cetak tidak jarang memiliki gambar yang menarik.
Selain iklan bergambar, iklan dalam media cetak juga banyak yang dalam bentuk tulisan.
Iklan memang memerlukan gambar dan tulisan yang menarik agar orang yang melihatnya tertarik mencermatinya.
Nah, pada buku tematik kelas 5 SD, tema 9, kita akan mengamati dan mempelajari unsur-unsur iklan dan ciri-ciri iklan di media cetak.
Lalu, apa saja unsur-unsur iklan? Bagaimana ciri-ciri bahasa yang digunakan dalam iklan media cetak?
Yuk, kita cari tahu!
"Sebuah iklan harus dikemas dengan bahasa yang menarik."
Baca Juga: Jawab Soal Perbedaan Iklan Media Cetak dan Media Elektronik, Kelas 5 Tema 3
Unsur-Unsur Iklan Media Cetak
Iklan adalah pemberitahuan mengenai suatu barang atau jasa yang ditawarkan kepada masyarakat umum.
Pemberitahuan dilakukan untuk memberikan pengaruh supaya orang tertarik untuk membeli dan menggunakan barang atau jasa yang ditawarkan.
Berdasarkan jenisnya, iklan dapat disampaikan melalui media cetak, audio, dan elektronik.
Nah, apa yang dimaksud dengan iklan media cetak?
Iklan media cetak adalah pemberitahuan tentang suatu barang atau jasa yang ditawarkan kepada masyarakat umum melalui media cetak seperti koran, majalah, tabloid, dan yang lainnya.
Iklan media cetak biasanya menggunakan unsur kombinasi gambar dan tulisan.
Nah, selain gambar dan tulisan, ada beberapa unsur iklan lainnya, Adjarian.
Berikut ini unsur-unsur iklan media cetak.
Baca Juga: Pengertian, Tujuan, Jenis, dan Ciri Reklame, Materi Kelas 6 Tema 4
1. Nama produk
2. Gambar yang menarik
3. Kalimat iklan
4. Keunggulan produk
5. Harga produk
6. Nomor telepon
7. Alamat pengiklan
"Iklan media cetak merupakan iklan yang dipublikasikan di media cetak seperti koran dan majalah."
Ciri-Ciri Bahasa Iklan
Baca Juga: Perbedaan Iklan Visual, Audio, dan Audio Visual
Bahasa iklan berbeda dengan bahasa yang kita gunakan dalam keseharian, Adjarian.
Nah, berikut ini ciri-ciri bahasa sebuah iklan.
1. Menggunakan bahasa yang singkat, padat, dan jelas.
2. Menggunakan bahasa yang memikat dan memiliki daya sugesti.
3. Menggunakan kata konotasi positif.
4. Isinya bersifat objektif, jujur, singkat, jelas, dan menarik.
"Iklan perlu menggunakan bahasa yang menarik sehingga dapat menarik perhatian masyarakat."
Nah, itulah unsur-unsur iklan media cetak dan ciri-ciri bahasa iklan.
Sekarang coba kita jawab pertanyaan di bawah ini, yuk!
Baca Juga: Jenis-Jenis Poster Berdasarkan Isi dan Tujuannya
Pertanyaan |
Apa itu iklan? |
Petunjuk: Cek halaman 2. |
Penulis | : | Atika Mayasari |
Editor | : | Rahwiku Mahanani |
KOMENTAR