adjar.id - Sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN), tugas utama kita adalah memberikan pelayanan yang maksimal bagi masyarakat.
Nah, materi tersebut juga akan diujikan dalam Tes Karakteristik Pribadi SKD CPNS.
Biasanya, soal yang keluar dalam bentuk soal cerita tentang orientasi kita terhadap pelayanan masyarakat.
Hal tersebut bertujuan untuk mengukur kesiapan dan kesigapan seseorang pada tugas pelayanan yang diperikan kepadanya.
Seorang ASN harus berorientasi pada pelayanan dengan selalu mendahulukan kepentingan bersama dari kepentingan pribadinya.
ASN juga diharapkan baik dalam melayani kepentingan banyak orang.
Sikap tersebut harus dimiliki karena kepuasan masyarakat adalah hal yang utama dalam pekerjaan pelayanan masyarakat.
Nah, kali ini kita akan membahas contoh soal tentang materi pelayanan TKS SKD CPNS.
Yuk, kita simak bersama!
Baca Juga: Materi Jejaring Kerja beserta Contoh Soal dan Pembahasan, TKP SKD CPNS
Contoh Soal Materi Pelayanan
Anda bekerja dibagian loket pengambilan obat, lalu salah seorang konsumen meminta bantuan Anda untuk mendahulukan antrian pengambilan obatnya karena ia harus bergegas pergi karena suatu hal lain dan tidak bisa menunggu lebih lama, maka Anda akan...
a. Mendahulukan antriannya secara diam-diam
b. Tetap fokus melayani konsumen lain yang telah lebih dahulu antri
c. Mengonsultasikan permintaan konsumen dengan atasan Anda
d. Memberikan pengertian kepada konsumen tersebut untuk dapat menunggu dan lebih sabar
e. Meresponnya dengan biasa dan mengabaikannya
Jawaban: d. Memberikan pengertian kepada konsumen tersebut untuk dapat menunggu dan lebih sabar
Pembahasan:
Baca Juga: Contoh Soal TKP SKD CPNS dan Pembahasan Materi Antiradikalisme
Anda bekerja dibagian loket pengambilan obat, lalu salah seorang konsumen meminta bantuan Anda untuk mendahulukan antrian pengambilan obatnya karena ia harus bergegas pergi karena suatu hal lain dan tidak bisa menunggu lebih lama, maka Anda akan...
a. Mendahulukan antriannya secara diam-diam
Skor 1: Melanggar peraturan meski untuk hal baik, akan menjadi pembelaan yang dapat Anda gunakan kembali untuk pekerjaan dan situasi lainnya.
b. Tetap fokus melayani konsumen lain yang telah lebih dahulu antri
Skor 4: Kepentingan satu klien tidak boleh membuat Anda mengabaikan kepentingan konsumen lainnya.
c. Mengonsultasikan permintaan konsumen dengan atasan Anda
Skor 3: Meminta persetujuan Atasan adalah langkah yang dapat diambil oleh seorang pekerja ketika menghadapi situasi-situasi yang sulit diputuskan.
Namun, hal tersebut tidak efektif dan malah menghabiskan banyak waktu.
d. Memberikan pengertian kepada konsumen tersebut untuk dapat menunggu dan lebih sabar
Baca Juga: Materi Pelayanan Publik Contoh Soal dan Pembahasan, TKP SKD CPNS
Skor 5: Seorang pekerja dalam unit pelayanan harus senantiasa sabar dan penuh pengertian.
Sikap demikian harus juga terpahami oleh orang yang Anda layani.
e. Meresponnya dengan biasa dan mengabaikannya
Skor 2: Mengabaikan konsumen adalah hal keliru meski itu tidak melanggar aturan masih banyak siasat lain yang jauh lebih baik dapat dilakukan.
Nah, Adjarian, itulah dia contoh soal, jawaban, dan pembahasan materi pelayanan TKP SKD CPNS, ya!
Penulis | : | Aldita Prafitasari |
Editor | : | Aisha Amira |
KOMENTAR