5 Penerapan Antropologi Terapan dalam Kehidupan Sehari-hari, Materi Antropologi Kelas XI

By Rizky Amalia, Kamis, 24 Oktober 2024 | 10:00 WIB
Ada beberapa ilmu yang memicu kemajuan antropologi, yaitu biologi, filologi, dan arkeologi prasejarah. (Pexels/Tima Miroshnichenko)

adjar.id - Antropologi sering dikaitkan dengan ilmu yang mempelajari tentang manusia dan hubungannya dengan manusia lainnya.

Antropologi berasal dari dua suku kata dari bahasa Yunani, yaitu anthropos yang berarti orang atau manusia dan logos artinya ilmu.

Nah, antropologi diartikan sebagai suatu ilmu pengetahuan yang menelaah sifat-sifat manusia secara umum dan menempatkan manusia yang unik dalam lingkungan hidup yang lebih bermartabat.

Ada beberapa ilmu yang memicu kemajuan antropologi, yaitu biologi, filologi, dan arkeologi prasejarah.

Terdapat dua ruang lingkup kajian dalam ilmu antropologi, yaitu antropologi fisik dan antropologi budaya.

Antropologi terapan adalah penggunaan ilmu antropologi untuk menganalisis dan mencari solusi dari masalah riil.

Bersumber dari kemdikbud.go.id, antropologi sebagai ilmu terapan muncul sebagai jawaban dari semakin meningkatnya masalah yang ada di masyarakat terkait budaya dan manusia.

Peran antropologi sebagai ilmu terapan makin terlihat saat para antropolog mulai menggunakan pendekatan antropologi dalam menjembatani jurang-jurang kebudayaan dengan pesatnya perubahan yang terjadi.

Para antropolog masuk dalam kehidupan masyarakat yang mengenal kebudayaannya dan dinamika yang terjadi kemudian memberikan gambaran pada pemangku kebijakan terkait perubahan yang dilakukan agar masyarakat lebih baik dan dapat menyesuaikan dengan perkembangan zaman.

Untuk mengetahui apa saja penerapan antropologi terapan dalam kehidupan sehari-hari, materi Antropologi kelas XI Kurikulum Merdeka, simak informasi di bawah ini.

"Antropologi ialah ilmu yang mempelajari mengenai manusia, masyarakat, dan kebudayaan di dalamnya."

Baca Juga: Prinsip-Prinsip Dasar Antropologi, Materi Antropologi Kelas XI