Konsep Sejarah, Salah Satunya Sejarah sebagai Seni

By Rizky Amalia, Jumat, 18 Oktober 2024 | 14:00 WIB
Sejarah merupakan salah satu cabang ilmu pengetahuan yang berperan penting dalam mempelajari peristiwa-peristiwa yang terjadi di masa lalu. (Pexels/John Netrebchuk)

adjar.id - Sejarah merupakan salah satu cabang ilmu pengetahuan yang berperan penting dalam mempelajari peristiwa-peristiwa yang terjadi di masa lalu, khususnya yang mempengaruhi kehidupan manusia.

Sejarah tidak hanya mencatat apa yang terjadi, tetapi juga mencari tahu penyebab, latar belakang, dan dampaknya terhadap kehidupan sekarang dan masa depan.

Ilmu sejarah memiliki fungsi penting untuk memahami perubahan yang terjadi dalam kehidupan manusia dari waktu ke waktu, baik dalam bidang politik, sosial, ekonomi, budaya, maupun agama.

Sejarah mempelajari manusia dalam konteks waktu, sehingga memberikan pemahaman tentang bagaimana kondisi saat ini terbentuk melalui peristiwa-peristiwa di masa lalu.

Nah, sejarah juga membantu kita belajar dari kesalahan masa lalu, serta merancang strategi untuk menghadapi tantangan masa depan.

Pada artikel ini kita akan mempelajari tentang konsep-konsep dalam sejarah. Yuk, simak penjelasan di bawah ini!

Konsep-Konsep dalam Sejarah dan Penjelasannya

1. Sejarah sebagai Ilmu

Sebagai ilmu, sejarah memiliki sifat ilmiah, yaitu berdasarkan penelitian, pengumpulan data, serta penggunaan metode yang sistematis.

Dalam konteks ini, sejarah dianggap sebagai cabang ilmu sosial yang mencoba mencari kebenaran tentang masa lalu melalui bukti-bukti yang dapat diverifikasi.

Ciri-ciri sejarah sebagai ilmu adalah berbasis pada metode ilmiah, fokus pada fakta, dan kritis pada sumber.

Sejarah tidak hanya memprediksi atau berspekulasi, tetapi berdasarkan bukti-bukti empiris yang terjadi pada masa lampau.

Baca Juga: Apa Hubungan Sejarah dengan Ilmu Sosiologi?