3 Perbedaan Pendekatan Emik dan Etik dalam Ilmu Antropologi, Materi Antropologi Kelas XI Kurikulum Merdeka

By Rizky Amalia, Senin, 14 Oktober 2024 | 16:00 WIB
Secara umum antropologi terbagi menjadi dua cabang, yaitu antropologi fisik dan antropologi budaya. (Pexels/SHVETS production)

adjar.id - Apa perbedaan pendekatan emik dan etik dalam ilmu antropologi?

Kali ini kita akan mempelajari tentang perbedaan pendekatan emik dan etik dalam ilmu antropologi, materi Antropologi kelas XI Kurikulum Merdeka.

Secara etimologis, istilah antropologi berasal dari bahasa Yunani, yaitu anthropos yang berarti manusia dan logos diartikan ilmu atau wacana.

Pengertian antropologi menurut KBBI ialah ilmu tentang manusia, khususnya membahas tentang asal-usul, aneka warna bentuk fisik, adat istiadat, dan kepercayaannya di masa lampau.

Nah, antropologi juga dipahami sebagai beragam aspek manusia mulai dari biologi, sejarah evolusi homo sapiens, hingga ciri-ciri masyarakat dan budayanya.

Secara umum antropologi terbagi menjadi dua cabang, yaitu antropologi fisik dan antropologi budaya.

Antropologi fisik ialah bagian dari ilmu antropologi yang mencoba membahas kehidupan manusia dipandang dari aspek fisik dan ciri-ciri tubuhnya.

Sementara antropologi budaya lebih mempelajari tentang kehidupan manusia melalui aspek karya atau apa yang dihasilkan dalam bentuk kebudayaan.

Ilmu antropologi berfungsi untuk mengembangkan pengetahuan tentang manusia baik secara fisik maupun secara sosio-kultural.

O iya, seseorang yang bekerja dalam lingkup antropologi disebut dengan profesi antropolog.

Tugas antropolog ialah untuk meneliti, mengevaluasi, dan menetapkan kebijakan publik mengenai asal-usul hingga perkembangan budaya manusia.

Baca Juga: Fase-Fase Perkembangan Antropologi, Materi Antropologi Kelas XI Kurikulum Merdeka