Sambutan Rakyat Indonesia terhadap Jepang, Materi Sejarah Kelas XI Kurikulum Merdeka

By Rizky Amalia, Jumat, 11 Oktober 2024 | 09:00 WIB
Pendudukan Jepang di Indonesia (1942–1945) adalah periode singkat, tetapi penuh gejolak dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia. (Fotograaf Onbekend / DLC)

adjar.id - Bagaimana sambutan rakyat Indonesia terhadap Jepang?

Pada artikel ini kita akan mempelajari tentang sambutan rakyat Indonesia terhadap Jepang, materi Sejarah kelas XI Kurikulum Merdeka.

Pendudukan Jepang di Indonesia (1942–1945) adalah periode singkat, tetapi penuh gejolak dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia.

Ketika Jepang pertama kali menginjakkan kaki di Nusantara pada tahun 1942, mereka disambut dengan antusiasme dan harapan oleh sebagian besar rakyat Indonesia.

Namun, seiring berjalannya waktu, harapan ini berubah menjadi kekecewaan karena kebijakan dan tindakan Jepang yang kejam dan mengeksploitasi.

Jepang memasuki Perang Dunia II dengan ambisi ekspansionis untuk membangun Kemakmuran Bersama Asia Timur Raya.

Mereka berusaha merebut kekuasaan dari negara-negara kolonial Barat, seperti Belanda, Inggris, dan Amerika Serikat, di wilayah Asia.

Ketika Jepang tiba di Indonesia pada awal 1942, mereka mengusir Belanda yang telah menjajah Indonesia selama lebih dari 300 tahun.

Kedatangan Jepang terjadi di tengah kekecewaan rakyat Indonesia terhadap pemerintahan kolonial Belanda yang represif dan tidak memberikan hak-hak politik bagi bangsa Indonesia.

Maka banyak rakyat Indonesia yang awalnya melihat Jepang sebagai penyelamat yang akan membebaskan mereka dari cengkeraman penjajahan Barat.

Yuk, kita pelajari sama-sama bagaimana sambutan rakyat Indonesia terhadap Jepang, materi Sejarah kelas XI Kurikulum Merdeka!

Baca Juga: Alasan Kedatangan Jepang ke Indonesia, Materi Sejarah Kelas XI Kurikulum Merdeka