Munculnya Permasalahan Sengketa Batas Wilayah Blok Ambalat Indonesia dan Malaysia, Materi PPKn Kelas XI Kurikulum Merdeka

By Rizky Amalia, Rabu, 9 Oktober 2024 | 12:00 WIB
Blok Ambalat adalah wilayah di perairan Laut Sulawesi yang menjadi sumber sengketa antara Indonesia dan Malaysia. (pexels/Mikhail Nilov)

adjar.id - Apa permasalahan yang menyebabkan sengketa batas wilayah Blok Ambalat antara Indonesia dan Malaysia?

Blok Ambalat adalah wilayah di perairan Laut Sulawesi yang menjadi sumber sengketa antara Indonesia dan Malaysia.

Wilayah ini menjadi sangat penting karena diduga memiliki cadangan minyak dan gas bumi yang signifikan.

Blok ini sebenarnya terdiri dari dua wilayah konsesi minyak dan gas, yaitu Blok Ambalat dan Blok East Ambalat.

Kedua negara menyatakan bahwa Blok Ambalat masuk dalam wilayah mereka berdasarkan hukum laut internasional dan peta yang mereka buat.

Sengketa ini memiliki akar sejarah yang panjang serta berbagai faktor politik, ekonomi, dan hukum yang terlibat.

Perbatasan wilayah Indonesia dengan negara-negara lain sering kali menimbulkan kesalahpahaman yang berakhir dengan konflik, meski pada akhirnya selalu dapat diselesaikan dengan cara damai.

Nah, wilayah memiliki arti yang sangat vital dan strategis, baik itu dilihat dari sudut pandang perbatasan kabupaten/kota dalam satu provinsi atau perbatasan kabupaten/kota antar provinsi.

Bersumber dari kemdikbud.go.id, batas wilayah negara telah diatur berdasarkan regulasi Undang-Undang Dasar Tahun 1945, dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 76 Tahun 2012 tentang Pedoman Penegasan Batas Daerah.

Untuk mengetahui permasalahan yang menyebabkan sengketa batas wilayah Blok Ambalat antara Indonesia dan Malaysia, materi PPKn kelas XI Kurikulum Merdeka, yuk, simak penjelasan di bawah ini!

"Sengketa batas wilayah Blok Ambalat antara Indonesia dan Malaysia merupakan masalah yang kompleks, melibatkan perbedaan klaim maritim berdasarkan peta nasional dan hukum internasional."

Baca Juga: Pengertian Sengketa Batas Wilayah dan Penyebabnya, Materi PPKn Kelas XI Kurikulum Merdeka