Pengertian Tenis Meja serta Aturan Dasarnya, Materi PJOK Kelas XI

By Rizky Amalia, Rabu, 5 Juni 2024 | 08:00 WIB
Tenis meja merupakan olahraga atau permainan yang menggunakan bola kecil dengan cara dipukul memakai bet. (Georgy Druzhinin)

adjar.id - Apakah Adjarian pernah bermain tenis meja atau pingpong?

Kali ini kita akan mempelajari tentang permainan tenis meja yang termasuk olahraga raket yang populer di dunia.

Tenis meja merupakan olahraga atau permainan yang menggunakan bola kecil dengan cara dipukul memakai bet.

Meski terlihat sederhana, permainan tenis meja mengharuskan para pemainnya memiliki keterampilan, kelincahan, dan refleks yang luar biasa, lo.

Pengertian tenis meja adalah olahraga yang dimainkan oleh dua pemain (single) atau empat pemain (ganda) yang saling berhadapan di atas meja berukuran 2,74 meter x 1,52 meter.

Permainan tenis meja dapat ditelusuri kembali ke abad ke-19 di Inggris. Awalnya, permainan ini dimainkan di atas meja makan menggunakan buku sebagai raket dan bola goyang sebagai bola.

Setelah itu, aturan permainan mulai disempurnakan dan permainan ini semakin populer di kalangan anggota klub elit di Inggris.

Permainan tenis meja bertujuan untuk mencetak poin dengan cara memukul bola melintasi meja menggunakan raket ke arah lawan sehingga lawan tidak dapat mengembalikannya secara efektif.

Biasanya permainan tenis meja dimainkan hingga salah satu pemain atau tim mencapai jumlah poin tertentu, seperti 11 atau 21 poin.

Nah, setelah mengetahui apa itu permainan tenis meja, kita akan mempelajari aturan dasar permainan ini.

"Tenis meja adalah permainan raket populer yang biasanya dimainkan oleh pemain single dan ganda."

Baca Juga: 5 Manfaat Bermain Tenis Meja bagi Kesehatan Tubuh