Faktor Pendorong dan Tujuan Perdagangan Antarpulau, Materi Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VIII Kurikulum Merdeka

By Mumtahanah Kurniawati, Kamis, 30 Mei 2024 | 07:00 WIB
Terdapat faktor pendorong dan tujuan dalam perdagangan internasional. (Freepik)

adjar.id - Bentuk wilayah Indonesia terbagi atas beberapa pulau.

Artinya, banyak daerah-daerah yang dipisahkan oleh lautan, Adjarian. Misalnya, Pulau Jawa, Pulau Sumatra, dan Pulau Sulawesi.

Ini membuat masyarakat memiliki tantangan sendiri dalam hal pemenuhan kebutuhan.

Setiap pulau memiliki komoditas masing-masing sehingga menyebabkan interaksi untuk mendapatkan komoditas tersebut.

Hal ini dilakukan sebagai pemenuhan kebutuhan masyarakat baik berupa barang maupun jasa. Nah, interaksi tersebut ialah perdagangan atau perniagaan.

Perdagangan adalah kegiatan tukar menukar barang atau jasa berdasarkan kesepakatan bersama tanpa ada unsur pemaksaan.

Nah, perdagangan antarpulau merupakan perdagangan yang dilakukan penduduk suatu wilayah atau pulau dengan penduduk pulau lain.

Ini terjadi dengan syarat masih satu batas wilayah negara dan atas dasar kesepakatan bersama.

Selain untuk pemenuhan kebutuhan, perdagangan antarpulau didorong oleh beberapa faktor lainnya.

Berikut faktor pendorong perdagangan antarpulau dan tujuannya.

"Perdagangan antarpulau adalah perdagangan yang dilakukan penduduk suatu wilayah atau pulau dengan penduduk pulau lain."

Baca Juga: Manfaat Utama Perdagangan Antardaerah dan Antarpulau

Faktor Pendorong Perdagangan Antarpulau

1. Adanya Perbedaan Faktor Produksi yang Dimiliki

Seperti yang telah kita simak pada uraian di atas, setiap pulau memiliki komoditas masing-masing.

Artinya, terdapat perbedaan faktor produksi antara satu wilayah dengan wilayah lainnya.

Ini mendorong terjadinya perdagangan antarpulau, Adjarian.

Contoh: Solo sebagai daerah penghasil batik akan mendorong perdagangan dengan wilayah Kalimantan yang minim produksi batik.

2. Adanya Perbedaan Tingkat Harga

Meskipun sama-sama di Indonesia, tetapi produk-produk tertentu memiliki harga berbeda di setiap daerah.

Perbedaan harga ini dapat menjadi faktor pendorong terjadinya perdagangan antarpulau.

Contoh: Harga durian di Medan lebih murah dibandingkan dengan harganya di Solo.

Sehingga, banyak penjual durian di Solo yang membelinya dari Medan sebagai pemasok.

Tujuan Perdagangan Antarpulau

1. Perdagangan antarpulau dilakukan dengan tujuan memperoleh untung, adanya perbedaan harga dan lain-lain menjadi nilai tambah.

Baca Juga: Perbedaan Perdagangan Antarpulau dan Antarnegara

2. Perdagangan antarpulau juga bertujuan untuk memperluas jangkauan pasar sampai ke luar pulau.

Sehingga, akan semakin banyak konsumen yang tersebar di berbagai pulau.

"Perdagangan antarpulau didorong oleh perbedaan faktor produksi dan perbedaan harga."

Itu dia faktor pendorong dan tujuan perdagangan antarpulau.

Coba Jawab!
Apa yang dimaksud dengan perdagangan antarpulau?
Petunjuk: Cek halaman 1.

Tonton video ini juga, yuk!