Faktor Pendorong dan Tujuan Perdagangan Antarpulau, Materi Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VIII Kurikulum Merdeka

By Mumtahanah Kurniawati, Kamis, 30 Mei 2024 | 07:00 WIB
Terdapat faktor pendorong dan tujuan dalam perdagangan internasional. (Freepik)

adjar.id - Bentuk wilayah Indonesia terbagi atas beberapa pulau.

Artinya, banyak daerah-daerah yang dipisahkan oleh lautan, Adjarian. Misalnya, Pulau Jawa, Pulau Sumatra, dan Pulau Sulawesi.

Ini membuat masyarakat memiliki tantangan sendiri dalam hal pemenuhan kebutuhan.

Setiap pulau memiliki komoditas masing-masing sehingga menyebabkan interaksi untuk mendapatkan komoditas tersebut.

Hal ini dilakukan sebagai pemenuhan kebutuhan masyarakat baik berupa barang maupun jasa. Nah, interaksi tersebut ialah perdagangan atau perniagaan.

Perdagangan adalah kegiatan tukar menukar barang atau jasa berdasarkan kesepakatan bersama tanpa ada unsur pemaksaan.

Nah, perdagangan antarpulau merupakan perdagangan yang dilakukan penduduk suatu wilayah atau pulau dengan penduduk pulau lain.

Ini terjadi dengan syarat masih satu batas wilayah negara dan atas dasar kesepakatan bersama.

Selain untuk pemenuhan kebutuhan, perdagangan antarpulau didorong oleh beberapa faktor lainnya.

Berikut faktor pendorong perdagangan antarpulau dan tujuannya.

"Perdagangan antarpulau adalah perdagangan yang dilakukan penduduk suatu wilayah atau pulau dengan penduduk pulau lain."

Baca Juga: Manfaat Utama Perdagangan Antardaerah dan Antarpulau