Jawab Soal Persoalan 2 tentang Segi Banyak Beraturan dan Lingkaran, Materi Matematika Kelas V SD Vol 2 Kurikulum Merdeka

By Nabil Adlani, Jumat, 24 November 2023 | 07:00 WIB
Lingkaran termasuk sebagai salah satu bentuk bangun datar. (pexels/Markus Spiske)

adjar.id - Pada buku Belajar Bersama Temanmu Matematika Vol 2 kelas V Kurikulum Merdeka, terdapat soal Persoalan 2 di halaman 69 Bab 13.

Dalam soal tersebut, kita diminta menjawab beberapa pertanyaan tentang segi banyak beraturan dan lingkaran.

Nah, kali ini kita akan membahas soal tersebut yang dapat dijadikan sebagai referensi, Adjarian.

Segi banyak beraturan adalah poligon (bentuk datar dengan sisi-sisi lurus) yang memiliki semua sisi dan sudut dalam bentuk yang sama.

Artinya, semua sisi memiliki panjang yang sama, dan semua sudut di antara sisi-sisi tersebut memiliki besar yang sama.

Lingkaran, di sisi lain, adalah himpunan semua titik yang memiliki jarak yang sama dari titik tertentu yang disebut pusat lingkaran.

Jarak ini disebut jari-jari. Lingkaran tidak memiliki sisi, sudut, atau sudut dalam, dan merupakan bentuk geometris yang sangat khusus.

Yuk, simak pembahasan soal Persoalan 2 tentang segi banyak beraturan dan lingkaran berikut ini!

Persoalan 2 tentang Segi Banyak Beraturan dan Lingkaran

1. Terdapat dua jalan berbentuk setengah lingkaran yang diameternya sama. Keduanya terletak di dalam setengah lingkaran lain yang berdiameter 10 m.

Gambaran jalan berbentuk setengah lingkaran. (Tangkapan layar buku Matematika kelas V Vol 2 Kurikulum Merdeka)

Baca Juga: Jawab Soal Latihan tentang Segi Banyak Beraturan dan Lingkaran, Materi Matematika Kelas V SD Vol 2 Kurikulum Merdeka

a. Untuk pergi dari a ke b, manakah rute yang lebih pendek a -- c -- b atau a -- e -- d -- f -- b?

Jawaban: Tidak ada, karena panjang rute sama.

b. Jika diameter dari setengah lingkaran yang lebih besar berubah, bagaimana perubahan rute a -- c -- b dan a -- e -- d -- f -- b. Ayo jelaskan dengan menggunakan kata-kata dan kalimat matematika.

Jawaban:

d.acb = 3x, 4x, ...

d.aedfb = 3x, 4x, ...

Jika, diameter setengah lingkaran berubah, maka diameter setengah lingkaran kecil juga akan berubah.

2. Di sekolah Yosef tidak mendapat ruang yang cukup untuk lintasan lurus lomba 100 m.

Oleh karena itu, anak-anak akan membuat lintasan 100 m dengan membuat setengah lingkaran.

Kita akan membuat ruang bagi 5 pelari, jika tempat mulai dan garis akhir dibuat sama, pelari yang berada di lintasan terluar akan tidak diuntungkan.

Berapa meter di depan kita harus menempatkan titik mulai agar semua lintasan panjangnya sama?

Baca Juga: Jawab Soal Persoalan 1 tentang Segi Banyak Beraturan dan Lingkaran, Materi Matematika Kelas V SD Vol 2 Kurikulum Merdeka

Lebar setiap lintasan adalah 1 m dan lintasan dalamnya sepanjang 100 m.

Gambaran lintasan lari di sekolah Yosef. (Tangkapan layar buku Matematika kelas V Vol 2 Kurikulum Merdeka)

Jawaban: Keliling ½ lingkaran 1 = 3,14 x d

= 3,14 x 2 x r¹

= 3,14 x 2 x 20

= 62,8 meter

Sisa = 100 - 62,8 m

= 37,2 m

Keliling ½ lingkaran 1 = 3,14 x d

= 3,14 x 2 x r²

= 3,14 x 2 x 21

Baca Juga: 2 Macam Bangun Datar Segi Banyak: Segi Banyak Beraturan dan Segi Banyak Tidak Beraturan

= 65,94 meter

Sisa = 100 - 65,94 m

= 34,06 m

Keliling ½ lingkaran 3 = 3,14 x d

= 3,14 x 2 x r³

= 3,14 x 2 x 22

= 69,22 meter

Sisa = 100 - 69,22 m

= 30,78 m

Sisa 1-2 = 37,2 - 34,06

= 3,14 m

Baca Juga: Mengenal Segi Banyak, Ada Segi Banyak Beraturan dan Segi Banyak Tidak Beraturan

Sisa 2-3 = 34,06 - 30,78

= 3,14 m

Maka, jawabannya adalah memajukan 3,14 meter dari lintasan sebelumnya.

---

Sumber: Buku Belajar Bersama Temanmu Matematika untuk SD Kelas V Vol 2 karya Tim Gokku Tosho.