Bentuk Penanganan Konflik Sosial, Materi Sosiologi Kelas XI Kurikulum Merdeka

By Nabil Adlani, Kamis, 9 November 2023 | 15:00 WIB
Penanganan konflik sosial salah satunya dilakukan dengan komunikasi efektif. (freepik)

adjar.id - Dalam kehidupan yang kita jalani, tidak bisa dilepaskan dari adanya konflik sosial.

Konflik sosial adalah ketegangan yang terjadi antara individu, kelompok, atau entitas sosial yang disebabkan oleh perbedaan-perbedaan dalam nilai, kepentingan, tujuan, atau sumber daya.

Konflik sosial merupakan bagian alami dari kehidupan masyarakat dan sering kali muncul sebagai hasil dari perbedaan pendapat, kepentingan, atau ketidaksetujuan dalam berbagai aspek kehidupan sosial.

O iya, menurut Soerjono Soekanto, konflik sosial adalah proses sosial saat beberapa orang atau kelompok manusia berusaha memenuhi tujuannya dengan jalan menentang pihak lawan yang disertai ancaman dan atau kekerasan.

Sementara Robert M.Z. Lawang berpendapat bahwa konflik sosial adalah perjuangan untuk mendapatkan hal-hal yang langkah, seperti nilai dan otoritas.

Nah, konflik sosial dapat berupa bentrokan kecil antara individu hingga konflik yang lebih besar yang melibatkan kelompok-kelompok besar dalam masyarakat.

Konflik sosial dapat muncul dalam berbagai bidang, termasuk politik, ekonomi, agama, budaya, etnis, dan sektor lainnya.

Yuk, simak bentuk penanganan konflik sosial berikut ini!

"Konflik sosial dapat mendorong masyarakat untuk merefleksikan masalah, mengeksplorasi opsi alternatif, dan memicu reformasi yang diperlukan."

Bentuk Penanganan Konflik Sosial

Konflik sosial bisa diatasi dengan berbagai bentuk penanganan, yaitu:

1. Komunikasi Efektif

Baca Juga: Konflik Sosial: Dampak dan Bentuk