adjar.id - Manajemen personalia merupakan salah satu bidang manajemen.
Manajemen personalia dikenal juga dengan manajemen sumber daya manusia atau manajemen SDM.
Nah, manajemen personalia merupakan bidang manajemen yang penting bagi suatu perusahaan.
Manajemen personalia adalah suatu pendekatan atau proses yang digunakan oleh perusahaan untuk mengelola aspek-aspek yang berkaitan dengan sumber daya manusia,
Manajemen personalia merupakan fungsi kunci dalam setiap organisasi karena sumber daya manusia merupakan aset yang sangat berharga.
Dengan mengelola personalia dengan baik, perusahaan dapat mencapai efisiensi, produktivitas, dan keberhasilan jangka panjangnya.
Yuk, simak pembahasan tugas dan tujuan manajemen personalia berikut in, Adjarian!
"Manajemen personalia bekerja untuk merencanakan, mengorganisasi, mengendalian, mengembangkan, mengarahkan, dan memberhentikan tenaga kerja."
Tugas Manajemen Personalia
Manajemen personalia memiliki beberapa tugas penting, yaitu:
1. Menentukan dan memberikan sumber daya manusia yang baik untuk perusahaan.
2. Menyeleksi tenaga kerja sesuai dengan apa yang dibutuhkan perusahaan dan memastikan kandidat karyawan ada di posisi yang cocok.
Baca Juga: Fungsi Manajemen Personalia secara Operasional, Materi Ekonomi Kelas XI Kurikulum Merdeka