Jawab Soal Uji Kompetensi Bab 1 tentang Nilai Pancasila dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Negara

By Nabil Adlani, Senin, 3 Juli 2023 | 08:00 WIB
Dalam penyelenggaraan pemerintahan negara digunakan juga nilai-nilai Pancasila. (unsplash/Dino Januarsa)

adjar.id - Indonesia merupakan negara yang menerapkan nilai-nilai Pancasila, termasuk dalam penyelenggaraan pemerintahan negara.

Dalam buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan kelas 10 edisi revisi 2015 terdapat soal Uji Kompetensi Bab 1 di halaman 30.

Pada soal tersebut, terdapat beberapa pertanyaan tentang nilai-nilai Pancasila dalam penyelenggaraan pemerintahan negara.

Nah, kali ini kita akan membahas soal tersebut yang bisa menjadi referensi, Adjarian.

Pemerintahan negara merupakan suatu sistem dan proses yang melibatkan otoritas dan lembaga-lembaga pemerintahan dalam mengelola urusan negara.

Pemerintahan negara bertujuan untuk menjaga ketertiban, melindungi hak dan kepentingan warga negara, serta memfasilitasi pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

Pemerintahan negara melibatkan struktur dan mekanisme yang terorganisir.

Sehingga pemerintah negara dapat membuat keputusan, mengatur sumber daya, dan memberikan pelayanan publik kepada masyarakat.

Sekarang simak pembahasan soal Uji Kompetensi Bab 1 tentang nilai Pancasila dalam penyelenggaraan pemerintahan negara berikut ini, yuk!

Uji Kompetensi Bab 1 tentang Nilai Pancasila dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Negara

1. Jelaskan jenis-jenis kekuasaan yang berlaku dalam penyelenggaraan negara di Republik Indonesia!

Baca Juga: Jawab Soal Karakter atau Ciri-Ciri Kehidupan Masyarakat yang Sesuai dengan Nilai-Nilai Pancasila, Materi PPKn Kelas 10 Kurikulum Merdeka