3 Fenomena dalam Paradigma Fakta Sosial, Materi IPS Kelas 10 Kurikulum Merdeka

By Nabil Adlani, Jumat, 23 Juni 2023 | 15:00 WIB
Konflik sosial termasuk salah satu fenomena dalam paradigma fakta sosial. (pexels/Amine M'siouri)

adjar.id - Paradigma fakta sosial dipengaruhi oleh para sosiologi, seperti Karl Marx, Emile Durkheim, Talcott Parsons, dan masih banyak lainnya.

Menurut paradigma fakta sosial, fokus kajian sosial adalah fakta sosial, baik dalam bentuk bendawi maupun tidak berbeda.

Paradigma adalah seperangkat prinsip, keyakinan, nilai-nilai, dan konsep yang membentuk kerangka pemahaman kita tentang dunia.

Berdasarkan paradigma fakta sosial norma, aturan pemerintah, status sosial, kelas sosial, dan peran sosial merupakan fakta sosial, Adjarian.

Berbagai teori sosiologi juga lahir dari paradigma ini, seperti teori konflik, teori fungsionalisme struktural, teori sosiologi makro, dan teori sistem.

Nah, salah satu pendekatan dengan paradigma fakta sosial adalah perilaku individu dibentuk dan dikendalikan oleh berbagai aturan dan norma sosial.

O iya, paradigma fakta sosial mengacu pada pendekatan pemahaman yang digunakan untuk mempelajari, menganalisis, dan menjelaskan fenomena sosial dalam masyarakat.

Berikut bentuk fenomena dalam paradigma fakta sosial.

"Paradigma fakta sosial mencoba untuk memahami dan menjelaskan fenomena sosial berdasarkan asumsi dan prinsip-prinsip tertentu."

Fenomena dalam Paradigma Fakta Sosial

Beberapa fenomena yang terdapat dalam paradigma fakta sosial di kehidupan, yaitu:

1. Interaksi Sosial

Baca Juga: Faktor yang Memengaruhi Interaksi Sosial di Masyarakat