Jawab Soal tentang Bela Negara dari Teks 'Ratusan Siswa SMA Ikuti Latihan Bela Negara'

By Nabil Adlani, Selasa, 20 Desember 2022 | 12:00 WIB
Bela negara merupakan hal yang penting bagi warga negara, dari mulai anak-anak sampai orang dewasa. (pexels/Irgi Nur Fadil)

adjar.id - Dalam buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan kelas 10 edisi revisi 2015, terdapat soal di halaman 158.

Soal tersebut terdiri atas beberapa pertanyaan tentang bela negara yang berasal dari teks "Ratusan Siswa SMA Ikuti Latihan Bela Negara".

Nah, kali ini kita akan membahas soal tersebut, Adjarian. Pembahasan soal ini dapat dijadikan sebagai referensi.

Bela negara merupakan suatu tekad, sikap, dan perilaku warga negara yang menunjukkan rasa kecintaannya kepada negara.

Upaya bela negara ini sangat diperlukan adanya adanya bentuk tanggung jawab yang dilakukan untuk mempertahankan keutuhan negara.

Menurut UU No.3 tahun 2002 pasal 9 ayat 1, bela negara adalah sikap dan perilaku warga negara yang dijawai oleh kecintaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, dalam menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara.

Bukan hanya sebagai kewajiban dasar manusia, tetapi juga merupakan kehormatan warga negara sebagai wujud pengabdian dan kerelaan berkorban kepada bangsa dan negara.

Bela negara yang dilakukan oleh warga negara merupakan hak dan kewajiban dalam mempertahankan dan membela kemerdekaan dan kedaulatan negara.

Pembelaan yang diwujudkan dengan keikutsertaan dalam upaya pertahanan negara merupakan kehormatan dan tanggung jawab dari setiap warga negara, Adjarian.

Sehingga, terkandung pengertian bawa upaya pertahanan negara harus didasarkan pada kesadaran akan hak dan kewajiban warga negara, serta keyakinan pada kekuatan sendiri.

Sekarang mari kita simak pembahasan soal tentang bela negara dari teks "Ratusan Siswa SMA Ikuti Latihan Bela Negara" berikut!

Baca Juga: Dasar Hukum Bela Negara di Indonesia