Jawab Soal Perbedaan Cara Pandang Para Pendiri Bangsa Mengenai Dasar Negara Indonesia, Materi PPKn Kelas 11 Kurikulum Merdeka

By Nabil Adlani, Jumat, 23 September 2022 | 15:20 WIB
Perbedaan cara pandang para pendiri bangsa mengenai dasar negara Indonesia disebabkan beberapa faktor. (Adjar.id/NA)

adjar.id – Cara pandang para pendiri bangsa memiliki berbagai perbedaan mengenai dasar negara Indonesia.

Terdapat tiga tokoh pendiri bangsa yang mengemukakan cara pandangnya terhadap dasar negara Indonesia.

Tiga tokoh tersebut yaitu Moh. Yamin, Soepomo, dan Soekarno.

Dalam buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan kelas 11 Kurikulum Merdeka terdapat salah satu soal pada Uji Pemahaman halaman 28.

Salah satu soal pada uji pemahaman tersebut berisi pertanyaan tentang perbedaan cara pandang pendiri bangsa mengenai dasar negara Indonesia.

Nah, agar bisa menjadi referensi bagi Adjarian, kali ini kita akan membahas mengenai jawaban soal tersebut yang menjadi materi PPKn kelas 11 SMA Kurikulum Merdeka.

Soekarno mempunyai peran besar dalam merumuskan dasar negara yang memperkenalkan nama Pancasila dalam konsep dasar negaranya.

Konsep dasar negara yang disampaikan Soekarno juga menjadi rujukan penting dalam pembahasan berikutnya, terutama bagi Panitia Sembilan.

Meski begitu, konstribusi pendiri bangsa lain sepertu Moh. Hatta dan Soepomo juga tidak kalah penting terhadap dasar negara Indonesia.

Misalnya usulan Soepomo tentang bentuk negara integralistik dan struktur sosial bangsa Indonesia yang menjadi kerangka penting dalam merumuskan dasar negara merdeka.

Yuk, kita simak penjelasan mengenai perbedaan cara pandang para pendiri bangsa mengenai dasar negara berikut ini, Adjarian!

Baca Juga: Jawab Soal Istilah Penting Dasar Negara, Materi PPKn Kelas 11 Kurikulum Merdeka