Jenis Kebijakan Fiskal Berdasarkan Jumlah Penerimaan dan Pengeluaran

By Nabil Adlani, Rabu, 9 Maret 2022 | 13:00 WIB
Kebijakan fiskal dilakukan pemerintah negara memiliki berbagai jenis. (pixabay)

adjar.id – Adjarian, sudah tahu jenis kebijakan fiskal?

Kebijakan fiskal sendiri adalah semua kebijakan yang dilakukan pemerintah dengan cara mengubah penerimaan dan pengeluaran negara.

Kebijakan fiskal ini biasa disebut juga dengan kebijakan anggaran yang menyebabkan terjadinya perubahan angka-angka dalam APBN.

Nah, kali ini kita akan membahas mengenai berbagai jenis dari kebijakan fiskal berdasarkan jumlah penerimaan dan pengeluaran dalam materi ekonomi kelas 11 SMA.

Kebijakan fiskal dilakukan dengan memanipulasi anggaran pendapatan dan belanja negara yang artinya bisa meningkatkan atau menurunkan pendapatan dan belanja.

Tujuan diberlakukannya hal tersebut yaitu untuk memengaruhi tinggi rendahnya pendapatan nasional.

Pada umumnya, pemerintah negara akan berusaha menentukan target belanja negara, kemudian menentukan tingkat pendapatannya paling tidak bisa menutup seluruh anggaran belanja.

Yuk, kita cari tahu jenis kebijakan fiskal berdasarkan jumlah penerimaan dan pengeluaran berikut ini!

Tujuan Kebijakan Fiskal

Baca Juga: Jawab Soal Pengertian dan Instrumen kebijakan Fiskal dalam Ekonomi

“Negara sulit untuk menyesuaikan belanja negara terhadap pendapatannya, karena adanya kebutuhan untuk menyediakan barang dan jasa.” 

Kebijakan fiskal ditunjukan untuk memelihara stabilitas ekonomi sehingga pendapatan nasional bisa ditingkatkan sesuai penggunaan sumber daya.