Profesi Customer Service: Tugas, Tanggung Jawab, dan Jenjang Karier

By Jestica Anna, Sabtu, 5 Februari 2022 | 14:30 WIB
Customer service bertugas menjawab segala keluhan pelanggan. (Unsplash/CharanjeetDhiman)

adjar.id – Apakah Adjarian tertarik berprofesi sebagai customer service?

Pernahkah Adjarian menelepon atau mengirim pesan kepada suatu perusahaan untuk mengutarakan keluhan atau sekadar bertanya mengenai suatu produk?

Nah, itu semua erat kaitannya dengan layanan pelanggan customer service.

Seorang customer service memang diharuskan untuk cepat tanggap. Hal itu merupakan kewajiban bidang layanan pelanggan dalam bisnis apapun.

O iya, dalam memberikan layanan terhadap pelanggan, seorang customer service harus ramah serta menggunakan bahasa yang sopan.

Customer service perlu memiliki keterampilan menyelesaikan masalah yang dihadapi konsumen dengan cepat, lo.

Selain itu, profesi ini juga harus memiliki kemampuan komunikasi dan penguasaan bahasa asing yang baik.

Nah, pada artikel kali ini, kita akan membahas hal-hal terkait customer service, seperti, deskripsi, tugas dan tanggung jawab, serta jenjang karier.

Simak penjelasan berikut, yuk!

Baca Juga: Profesi Sekretaris: Tugas dan Kemampuan yang Harus Dimiliki

Profesi Customer Service

Seorang customer service atau layanan pelanggan bertugas untuk menyediakan informasi dan juga informasi terkait barang dan jasa seusai kebutuhan konsumen.