Tujuan Kebijakan Perdagangan Internasional yang Dibuat Pemerintah

By Nabil Adlani, Selasa, 21 September 2021 | 13:20 WIB
Pemerintah suatu negara menerapkan kebijakan perdagangan internasional dengan tujuan tertentu. (unsplash)

adjar.id – Adjarian, pemerintah suatu negara juga memberlakukan kebijakan perdagangan internasional, lo.

Perdagangan internasional sendiri merupakan perdagangan yang dilakukan antara negara satu dengan negara lainnya.

Nah, perdagangan internasional ini sudah ada sejak zaman dahulu, akan tetapi ruang lingkung dan jumlahnya masih sangat terbatas berbeda dengan zaman sekarang yang lebih luas

Kali ini kita akan membahas mengenai tujuan dari kebijakan perdagangan internasional yang dibuat oleh suatu pemerintah, di mana menjadi materi ekonomi kelas 11 SMA.

Baca Juga: Pengertian Perdagangan Antarnegara dan Aktivitas Perdagangannya

Proses pertukaran barang dan jasa antar negara atau disebut ekspor dan impor menjadi kegiatan yang dilakukan dalam perdagangan internasional ini.

Meski kegiatan ekspor dan impor bisa menjadi keuntungan bagi negara, akan tetapi hal tersebut juga bisa memunculkan dampak negatif bagi pekerja dalam negeri. Maka dari itu, muncullah kebijakan pemerintah suatu negara yang mengatur mengenai perdagangan internasional untuk mencegah hal tersebut terjadi.

Yuk, kita simak beberapa tujuan dari kebijakan yang dibuat pemerintah suatu negara terhadap perdagangan internasional berikut ini!

“Dalam perdagangan internasional terjadi kegiatan ekspor dan impor yang dilakukan antarnegara yang bertujuan mencukupi kebutuhan negaranya.”