Tradisi Perayaan dalam Islam yang Berkaitan dengan Tahap Kehidupan

By Nabil Adlani, Minggu, 19 September 2021 | 10:30 WIB
Dalam tradisi Islam ada beragam perayaan di berbagai tahap kehidupan. (freepik/pressfoto)

adjar.idMasuknya agama Islam ke Indonesia membawa perkembangan tradisi, salah satunya tradisi perayaan yang berkaitan dengan tahap kehidupan manusia.

Proses penyebaran Islam yang dilakukan oleh para penyebar Islam kepada masyarakat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya melalui kebudayaan.

Nah, proses kebudayaan yang dilakukan yaitu melalui pembauran dengan kebudayaan masyarakat yang sudah ada.

Kali ini Adjarian, kita akan membahas mengenai jenis-jenis tradisi perayaan dalam Islam yang kaitannya dengan tahapan kehidupan dari manusia yang menjadi materi sejarah kelas 11 SMA.

Baca Juga: Hasil Kebudayaan Masyarakat Indonesia pada Masa Islam

Kebudayaan yang ada di masyarakat bisa berupa kebiasaan-kebiasaan atau tradisi yang sudah ada dalam lingkungan masyarakat yang kental dengan tradisi Hindu-Buddha.

Tradisi yang berkembang di masyarakat sendiri bisa berupakan berbagai kegiatan ritual keagamaan yang berkaitan dengan tahapan atau siklus kehidupan manusia.

Nah, siklus atau tahapan ini juga menggambarkan sebuah hubungan manusia dengan alam di mana masuknya Islam membawa nilai-nilai keagaamaan pada tradisi tersebut.

Yuk, kita simak penjelasan mengenai jenis-jenis tradisi perayaan dalam Islam yang berkaitan dengan tahapan kehidupan manusia berikut ini!

 

“Manusia dalam melihat perubahan dari satu tahap ke tahap hidup yang lain memiliki arti sebagai sesuatu yang penting dalam hidup.”