adjar.id - Kali ini kita akan membahas soal dari buku Seni Budaya kelas X Kurikulum Merdeka.
Terdapat soal Irama dan Tempo Lagu pada Bab 4: "Pertunjukan Musik dalam Permainan Musik" di halaman 106.
Nah, kita diperintahkan untuk membandingkan tempo atau kecepatan lagu "Bolelebo" dan "Cublak-Cublak Suweng".
Setelah itu, kita perlu menjawab pertanyaan-pertanyaan yang tersedia.
Informasi pembahasan soal berikut ini dapat dijadikan sebagai referensi jawaban.
Yuk, kita simak informasi pembahasan soal Irama dan Tempo Lagu pada Bab 4: "Pertunjukan Musik dalam Permainan Musik", Seni Budaya kelas X Kurikulum Merdeka!
Pembahasan Soal Irama dan Tempo Lagu pada Bab 4: 'Pertunjukan Musik dalam Permainan Musik'
Instruksi: Bandingkanlah tempo atau kecepatan kedua lagu di atas. Kemudian, jawablah beberapa pertanyaan di bawah ini.
Pertanyaan:
1. Apa kesan yang dapat kamu rasakan dari kedua lagu itu?
2. Bagaimana pengaruh tempo lagu terhadap gerakan tubuhmu ketika bergerak mengikuti iramanya?
Baca Juga: Jawab Soal Kegunaan Topeng saat Sedang Menari Diiringi Permainan Musik, Seni Budaya Kelas X
3. Bagian tubuh mana saja yang kamu gerakkan?
4. Gerakan-gerakan apa saja yang dapat kamu lakukan sesuai dengan irama lagu?
Jawaban:
1. Kesan dari lagu "Bolelebo" adalah cinta mendalam terhadap kampung halaman.
Lagu ini menggambarkan rasa rindu dan kebanggaan terhadap tanah kelahiran, serta ikatan emosional yang kuat antara seseorang dengan tempat asalnya.
Dengan irama yang lembut dan lirik yang penuh kasih, lagu ini menekankan pentingnya tempat lahir sebagai bagian tak terpisahkan dari identitas seseorang.
Lagu ini sering kali dipersepsikan sebagai ungkapan rasa cinta, kesetiaan, dan kebersamaan dalam masyarakat.
Sementara kesan dari lagu "Cublak-Cublak Suweng", yaitu keceriaan, kebersamaan, dan nilai moral yang terselubung di balik permainan.
Meski terdengar seperti lagu untuk permainan, liriknya mengandung pesan tentang kesederhanaan, kebijaksanaan, dan pentingnya tidak serakah.
Lagu ini juga memiliki makna filosofis tentang kehidupan yang mengajarkan untuk tidak terlalu berambisi dalam mengejar harta atau kekayaan, melainkan menjaga keseimbangan dalam hidup.
Baca Juga: Jawab Soal Properti yang Digunakan dalam Tari Daerah, Seni Budaya Kelas X Kurikulum Merdeka
Dengan melodi yang ceria dan irama yang mudah diingat, lagu ini menciptakan suasana yang gembira dan penuh persahabatan.
2. Pergerakan cepat atau lambatnya dipengaruhi oleh tempo musik iringan.
Semakin cepat temponya, maka kita akan bergerak semakin cepat, begitu pula sebaliknya.
3. Bagian tubuh yang digerakkan adalah tangan dan kaki.
4. Gerakan-gerakan yang dapat dilakukan sesuai dengan irama lagu "Bolelebo" adalah gerakan yang elegan dan melambangkan perasaan kasih sayang dan kerinduan terhadap kampung halaman.
Misalnya, gerakan tangan di dada, yaitu letakkan kedua tangan di dada, simbol rasa cinta yang mendalam.
Sementara gerakan yang dilakukan dalam lagu "Cublak-Cublak Suweng" biasanya ceria, dinamis, dan melibatkan interaksi antarindividu.
Dalam permainan tradisionalnya, anak-anak duduk melingkar sambil menelungkupkan tangan di pangkuan dan bersiap untuk permainan.
Nah, demikian pembahasan soal Irama dan Tempo Lagu pada Bab 4: "Pertunjukan Musik dalam Permainan Musik", Seni Budaya kelas X Kurikulum Merdeka.
Tonton video ini, yuk!
Source | : | kemdikbud.go.id |
Penulis | : | Rizky Amalia |
Editor | : | Rahwiku Mahanani |
KOMENTAR