adjar.id - Kali ini kita akan membahas soal dari buku Sejarah kelas XI.
Pada buku Sejarah kelas XI terdapat soal Latih Uji Kompetensi Bab 6: "C. Proklamator dan Peran Para Tokoh Sekitar Proklamasi" di halaman 135.
Nah, soal Latih Uji Kompetensi Bab 6: "C. Proklamator dan Peran Para Tokoh Sekitar Proklamasi" terdiri atas lima pertanyaan esai.
Sebelum membahas soal ini kita dapat mempelajari materi Bab 6: "C. Proklamator dan Peran Para Tokoh Sekitar Proklamasi".
Proklamasi Kemerdekaan Indonesia bukan perjuangan orang per orang, tetapi perjuangan seluruh bangsa Indonesia.
Kita perlu memahami perjuangan mereka, karena mereka berjuang untuk bangsa Indonesia yang berarti untuk kehidupan kita sekarang dan generasi penerus bangsa Indonesia.
Banyak tokoh penting yang berperan di berbagai peristiwa di sekitar proklamasi, seperti Ir. Soekarno, Drs. Moh.Hatta, Ahmad Subarjo, Sukarni Kartodiwiryo, Sayuti Melik, Burhanuddin Mohammad Diah, Latif Hendraningrat, S. Suhud, Suwiryo, hingga Sutan Syahrir.
Proklamasi 17 Agustus 1945 melibatkan peranan banyak orang. Bahkan bukan hanya bangsa Indonesia, tetapi sebagian bangsa lain juga bersimpati untuk perjuangan bangsa Indonesia.
Para tokoh memiliki peranan berbeda-beda dalam Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Mereka berperan sesuai dengan kemampuan dan kesempatan yang harus dilakukan.
Para tokoh pejuang itu senantiasa rela berkorban dan tanpa pamrih untuk berjuang mencapai kemerdekaan sehingga bangsa Indonesia bebas dari penjajahan.
Mereka bersatu saling bahu membahu bersama rakyat rela berkorban tanpa pamrih untuk mempertahankan tanah air Indonesia.
Baca Juga: Jawab Soal Latih Uji Kompetensi Bab 6: B. Terbentuknya Pemerintahan dan NKRI, Sejarah Kelas XI
Simak informasi di bawah ini untuk mengetahui pembahasan soal Latih Uji Kompetensi Bab 6: "C. Proklamator dan Peran Para Tokoh Sekitar Proklamasi" materi Sejarah kelas XI di halaman 135.
Pembahasan Soal Latih Uji Kompetensi Bab 6: C.
1. Mengapa pada saat Jepang menyerah kepada Sekutu, di Indonesia disebut sebagai mengalami vacuum of power?
Jawaban: Alasan pada saat Jepang menyerah kepada Sekutu, di Indonesia disebut sebagai mengalami vacuum of power karena pada masa Jepang menyerah kepada sekutu, Indonesia tidak sedang mengalami dijajah oleh bangsa asing.
Maka dari itu bisa dikatakan nikmatnya kekuasaan ada di pihak Indonesia saat itu.
2. Jelaskan bahwa pada saat proklamasi kemerdekaan, negara Republik Indonesia belum memiliki semua kelengkapan negara! Tindakan apa saja yang dilakukan bangsa Indonesia untuk melengkapi kelengkapan negara tersebut?
Jawaban: Setelah Proklamasi Kemerdekaan, pemerintah Indonesia membentuk kelengkapan negara melalui sidang PPKI.
Kemudian dibentuk badan-badan yang melingkupi seperti pemilihan presiden dan wakil presiden, pembentukan KNIP, serta pembentukan Badan Keamanan Rakyat.
3. Salah satu kegiatan yang dilakukan pasca proklamasi kemerdekaan adalah pembentukan KNIP. Apa yang melatarbelakangi pembentukan KNIP dan bagaimana fungsi badan tersebut bagi negara Indonesia?
Jawaban: Latar belakang pembentukan KNIP adalah untuk melengkapi syarat pembentukan negara, yaitu adanya badan pemerintahan bidang legislatif.
Tujuan pembentukan KNIP adalah untuk mewujudkan tujuan dan cita-cita bangsa berdasarkan kedaulatan rakyat.
Nah, tujuan pembentukan Komite Nasional Indonesia adalah sebagai penjelmaan tujuan dan cita-cita bangsa Indonesia untuk merdeka berdasarkan kedaulatan rakyat.
Komite Nasional di pusat memimpin dan memberi petunjuk kepada komite-komite Nasional di daerah.
Di daerah didirikan pusat daerah, untuk Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi, Maluku, dan Sunda Kecil.
Komite Nasional yang berada di pusat, pusat daerah, dan daerah dipimpin oleh seorang ketua dan beberapa orang anggota pengurus. Bertanggung jawab kepada Komite Nasional.
4. Pada saat proklamasi kemerdekaan, di Jalan Pegangsaan Timur tidak terjadi penyerangan Jepang terhadap para peserta upacara proklamasi, padahal pada saat tersebut tentara Jepang di Indonesia masih lengkap. Mengapa hal tersebut dapat terjadi!
Jawaban: Karena pada saat itu proklamasi di lakukan dengan keadaan kacau dan tergesa-gesa.
Selain itu yang mengetahui bahwa Indonesia telah merdeka dan Sukarno telah memproklamasikan kemerdekaan ini tidaklah banyak yang tahu sehingga bisa di katakana secara diam-diam.
5. Menurut pendapatmu, apakah kamu sepakat dengan perjuangan golongan muda yang menuntut percepatan proses proklamasi kepada Sukarno-Hatta? Lebih menguntungkan mana bangsa Indonesia memproklamirkan sendiri sesuai keinginan golongan muda atau menunggu sidang PPKI? Jelaskan alasanmu!
Jawaban: Saya tentu setuju dengan apa yang para pemuda saran kan untuk memaksa segera memproklamasikannya.
Hal ini dikarenakan jika terus ditunda sudah jelas bahwa Indonesia tidak akan pernah merdeka dan akan terus di jajah oleh bangsa asing.
Baca Juga: Jawab Soal Latih Ulangan Akhir Bab 5: Tirani Matahari Terbit, Sejarah Kelas XI
Demikian informasi tentang pembahasan soal Latih Uji Kompetensi Bab 6: "C. Proklamator dan Peran Para Tokoh Sekitar Proklamasi", materi Sejarah kelas XI halaman 135.
Tonton video ini, yuk!
Source | : | kemdikbud.go.id |
Penulis | : | Rizky Amalia |
Editor | : | Rahwiku Mahanani |
KOMENTAR