adjar.id - Flora dan fauna adalah dua istilah yang digunakan untuk menggambarkan organisme hidup di alam.
Dalam buku Geografi kelas XI Kurikulum Merdeka, terdapat soal Asesmen Pengetahuan di halaman 105 bab 2.
Pada soal tersebut, terdapat beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan flora dan fauna.
Kali ini, kita akan membahas soal tersebut yang bisa dijadikan sebagai referensi, Adjarian.
Flora merujuk pada keseluruhan tumbuhan yang ditemukan di suatu wilayah atau ekosistem tertentu.
Sementara fauna adalah keseluruhan hewan yang ditemukan di suatu wilayah atau ekosistem tertentu.
Konsep flora dan fauna ini bisa digunakan untuk memahami keanekaragaman hayati di suatu wilayah dan menjaga keseimbangan ekosistem.
Yuk, simak pembahasan soal Asesmen Pengetahuan tentang flora dan fauna berikut ini!
Asesmen Pengetahuan tentang Flora dan Fauna
1. Keragaman flora Indonesia dapat tercermin dari hutannya yang sangat bervariasi.
Hutan hujan tropis Indonesia sebagai rumah bagi bermacam jenis flora dan fauna tentu saja juga bermanfaat bagi kelangsungan hidup manusia.
Baca Juga: Apa Itu Flora dan Fauna Endemik? Materi Geografi Kelas XI Kurikulum Merdeka
Selain dari komoditas kayu berkualitas, ketersediaan udara dan air bersih ada pula bahan bakar fosil dan batu bara yang dapat digunakan untuk sumber tenaga.
Bagaimana langkah yang harus dilakukan untuk menjaga keberadaan sumber daya hutan di Indonesia, mengingat peranan hutan yang sangat penting bagi kehidupan?
A. Mengolah hasil hutan menjadi barang jadi yang bernilai tinggi di pasaran
B. Membuka lahan untuk diolah dengan program kerja sama masyarakat
C. Menggalakkan kampaye lingkungan sebagai bentuk dukungan pasif
D. Menggunakan sumber energi terbaharui sebagai alternatif pengganti
E. Mengembangkan aktifitas pada sektor pertanian dan perkebunan sawit
Jawaban: D. Menggunakan sumber energi terbaharui sebagai alternatif pengganti
2. Populasi terkini terkait orang utan borneo (Pongo pygmaeus) diperkirakan terdapat 57.350 individu di habitat seluas 16.013.600 hektar.
Tersebar di 42 kantong populasi, 18 di antaranya diprediksi akan lestari dalam waktu 100-500 tahun kedepan.
Kondisi ini memperbarui fakta 10 tahun yang lalu yang menyebut bahwa populasinya diprediksi teradapat 54.817 individu habitat seluas 8.195.000 hektar yang dilakukan di area kajian yang terbatas.
Baca Juga: 5 Manfaat Flora dan Fauna, Materi Geografi Kelas XI Kurikulum Merdeka
Kondisi kelestarian orang utan berdasarkan deskripsi data di atas menggambarkan bahwa...
A. Perlu adanya peningkatan kegiatan konservasi hutan borneo
B. Keberhasilan aktivitas penyelamatan (rescue) dan konfiskasi
C. Perlunya peningkatan fungsi hutan dengan konservasi hutan
D. Perlunya pengawasan habitat dan tingkat ancaman tiap satwa
E. Perlunya evaluasi kebijakan dan pengelolaan fungsi hutan.
Jawaban: A. Perlu adanya peningkatan kegiatan konservasi hutan borneo
3. Objek pariwisata yang menawarkan pengalaman langsung berenang dengan penyu laut dan suguhan keindahan bawah air dapat menarik minat wisatawan.
Perubahan di bidang sosial dan ekonomi masyarakat di sekitar objek tersebut dapat terpengaruh dan berkembang lebih pesat.
Akan tetapi, masih ada kegiatan yang tidak memerhatikan lingkungan sehingga kerap kali objek wisata tersebut justru menganggu kelestarian dan habitat dari flora fauna itu sendiri.
Bagaimanakah tindakan konservatif yang dapat dilakukan untuk menjaga kelestarian tersebut?
Baca Juga: 3 Garis Khayal yang Membedakan Flora dan Fauna Indonesia, Materi Geografi Kelas XI Kurikulum Merdeka
A. Meminimalisir jumlah wisatawan dalam satu harinya
B. Meningkatkan nilai estetik dalam lingkungan tersebut
C. Memilih strategi pemasaran dan pengolahan yang baik
D. Merancang sistem tata kelola dan perawatan lingkungan
E. Memaksimalkan pelayanan dan cindera mata objek wisata
Jawaban: A. Meminimalisir jumlah wisatawan dalam satu harinya
4. Hutan mempunyai fungsi langsung dan tak langsung.
Fungsi tidak langsung diantaranya disebut juga fungsi orologis yaitu mencegah terjadinya erosi lahan. Mengapa hal tersebut dapat terjadi?
A. Dapat mencegah tetes hujan langsung menuju tanah
B. Dapat mencegah terik matahari secara langsung
C. Dapat meminimalisir gesekan tanah dengan angin
Baca Juga: 8 Elemen Konsep Pembangunan Kawasan Bioregional, Materi Geografi Kelas XI Kurikulum Merdeka
D. Dapat meminimalisir pengikisan lapisan top soil
E. Dapat meminimalisir perubahan suhu udara ekstrem
Jawaban: D. Dapat meminimalisir pengikisan lapisan top soil
5. Perhatikan gambar berikut ini!
Kondisi keadaan hutan di Pulau Kalimantan dari tahun ke tahun dapat dilihat seperti pada gambar di atas.
Dampak seperti apa yang dapat dirasakan dari perubahan tersebut?
A. Pertambahan penduduk pulau kalimantan
B. Eksploitasi berlebihan untuk pertambangan
C. Pembangunan fasilitas dan sarana umum
D. Penurunan jumlah dan habitat orang utan
Baca Juga: Ragam Dinamika Flora dan Fauna Indonesia, Materi Geografi Kelas XI Kurikulum Merdeka
E. Peningkatan kualitas sdm dan biaya hidup
Jawaban: D. Penurunan jumlah dan habitat orang utan
Nah, itu tadi pembahasan soal Asesmen Pengetahuan tentang flora dan fauna untuk nomor 1-5, Adjarian.
---
Sumber: Buku Geografi untuk SMA Kelas XI karya Budi Handoyo, Kemdikbudristek Tahun 2021.
Tonton video ini juga, yuk!
Penulis | : | Nabil Adlani |
Editor | : | AdjarID |
KOMENTAR