adjar.id - Pada buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kurikulum Merdeka kelas VIII, bab 6, membahas tentang literasi digital dalam kebinekaan bangsa.
Literasi digital adalah pengetahuan dan kecakapan seseorang dalam memanfaatkan media digital, seperti internet dan alat komunikasi, Adjarian.
Nah, pada pada akhir bab 6, halaman 135, terdapat soal uji kompetensi yang perlu kita kerjakan.
Soal tersebut berbentuk beberapa pertanyaan yang menyediakan gambaran adegan yang perlu kita jawab berdasarkan pendapat kita masing-masing.
Yuk, kita simak bersama pembahasan soal di bawah ini!
Uji Kompetensi Bab 6
1. Ita memperoleh sebuah informasi dan membagikannya ke whatsapp group. Nina merasa informasi yang dibagikan Ita meragukan.
Kemudian, Nina melakukan telusur informasi untuk mengkroscek kebenaran informasi tersebut. Nina menyimpulkan bahwa informasi yang dibagikan Ita tidak valid.
Namun, Ita bersikeras bahwa informasi yang dibagikannya valid. Ita menunjukkan sumber internet informasi tersebut.
Bagaimana pendapat kalian tentang perbedaan pendapat antara Ita dan Nina dalam menilai validitas informasi?
Apa solusi yang bisa kalian tawarkan, terutama untuk menentukan secara objektif validitas informasi yang dibagikan Ita?
Baca Juga: 6 Aspek Literasi Digital Menurut David Bawden, Materi PPKn Kelas VIII Kurikulum Merdeka
Jawab: Perbedaan pendapat antara Ita dan Nina merupakan hal yang wajar terjadi, perbedaan tersebut dapat dipengaruhi oleh perbedaan tingkat literasi Ita dan Nina.
Solusi yang bisa dilakukan untuk menentukan secara objektif validitas informasi yang dibagikan Ita adalah dengan memastikan kredibilitas dari sumber yang ditunjukan Ita.
Ita dan Nina secara bersama-sama dapat memastikan bahwa sumber informasi tersebut berasal dari media yang valid dengan melihat nama dan situs media, ada tidaknya nama penulis, hingga kualitas foto.
2 Edo mengajukan sebuah pertanyaan dalam whatsapp group yang diikutinya. Namun, hanya ada dua orang yang menanggapi.
Dan itu pun jawabannya kurang tepat menurut Edo. Sementara anggota yang lain tidak ada yang berkomentar.
Menurut analisis kalian, mengapa pertanyaan dari Edo tidak ada yang menanggapi? Bagaimana sebaiknya sikap Edo terhadap dua komentar yang ada?
Jawab: Pertanyaan Edo tidak ada yang menanggapi karena pertanyaannya terlalu sulit untuk dijawab, bukan hanya sekedar pertanyaan sederhana yang bisa dijawab tanpa berpikir.
Sikap Edo terhadap dua komentar yang ada adalah memastikan kembali kebenaran atas jawaban tersebut, bisa dengan bertanya secara personal kepada orang yang menjawab.
Bisa juga mencari jawaban dari sumber-sumber yang valid, melalui internet atau buku.
3. Sekolah kalian mengalami kesulitan untuk menyajikan secara real time data kehadiran siswa.
Selama ini, absensi siswa dilakukan secara manual, sehingga harus direkap terlebih dahulu setiap akhir bulan.
Baca Juga: 3 Level Literasi Digital Menurut Mayes dan Fowler, Materi PPKn Kelas VIII Kurikulum Merdeka
Menurut kalian, bagaimana cara yang sebaiknya dilakukan sekolah? Inovasi digital apa yang bisa ditawarkan untuk mengatasi persoalan tersebut?
Jawab: Sebaiknya sekolah segera melakukan inovasi digital untuk menghindari adanya kesalahan data.
Inovasi digital yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan absen (presensi) sidik jari atau menggunakan kartu sebelum masuk lingkungan sekolah.
Demikianlah pembahasan soal uji kompetensi bab 6 PPKn kelas VIII yang dapat dijadikan sebagai referensi.
---
Buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan SMP Kelas VIII Karya Muhammad Sapei, dkk., Kemdikbud.
Tonton video ini juga, yuk!
Penulis | : | Mumtahanah Kurniawati |
Editor | : | Rahwiku Mahanani |
KOMENTAR