adjar.id - Soal yang akan kita bahas kali ini adalah soal Part C yang terdapat pada buku Bahasa Inggris: Work in Progress kelas X, Chapter 5, materi "Graffiti", Task 3, halaman 114.
Kita ditugaskan untuk membandingkan antara Expository Text 1 dengan Expository Text 2 tentang beberapa hal yang telah disediakan.
Nah, sebelum mengerjakan soal ini kita perlu membaca teks bacaan tersebut di halaman 109 dan 110, Adjarian.
Expository Text 1 dan Expository Text 2 masing-masing menjelaskan grafiti dengan sudut pandang yang berbeda.
Di bawah ini adalah pembahasan soal Task 3, Part C yang dapat dijadikan sebagai referensi.
Yuk, kita simak bersama!
Task 3, Part C
Instructions: Compare Expository Text 1 and Expository Text 2 by completing the table.
1. What is the author claiming?
Apa yang diklaim oleh penulis?
- Expository Text 1 = An author's claim that graffiti is art and is an essential part of our culture.
Baca Juga: Jawab Soal Bahasa Inggris Task 3, Part C Healthy Foods, Kelas X Kurikulum Merdeka, Chapter 4
Penulis mengklaim bahwa grafiti adalah seni dan merupakan bagian penting dari budaya kita.
- Expository Text 2 = An author's claim that graffiti is always vandalism.
Penulis mengklaim bahwa grafiti selalu merupakan vandalisme.
2. What reasons does the author use to support the claim?
Alasan apa yang digunakan penulis untuk mendukung klaim tersebut?
- Expository Text 1 = Graffiti allows the public to see something they may never have seen before, graffiti has the power to influence people in a positive way, graffiti is unique.
Graffiti memungkinkan publik untuk melihat sesuatu yang mungkin belum pernah mereka lihat sebelumnya, grafiti memiliki kekuatan untuk mempengaruhi orang dengan cara yang positif, grafiti itu unik.
- Expository Text 2 = Graffiti is committed without permission on someone else's property and graffiti's most salient characteristic is that it is a crime.
Grafiti dilakukan tanpa izin di properti orang lain dan karakteristik grafiti yang paling menonjol adalah bahwa grafiti adalah sebuah kejahatan.
3. What evidence does the author include?
Bukti apa yang disertakan oleh penulis?
Baca Juga: Jawab Soal Bahasa Inggris Task 3 Part B Healthy Foods, Kelas X Kurikulum Merdeka, Chapter 4
- Expository Text 1 = The transformation of an old building into a good one, people see the graffiti being made and praise it, each graffiti made will be different from one graffiti to another.
Transformasi sebuah bangunan tua menjadi bagus, orang melihat grafiti yang dibuat dan memujinya, setiap grafiti yang dibuat akan berbeda antara satu grafiti dengan grafiti lainnya.
- Expository Text 2 = Statement by John Lindsay, the progressive New York politician who served as mayor from 1966 to 1973, and research from the Netherlands in 2008 on the negative effects of vandalism.
Pernyataan John Lindsay, politisi progresif New York yang menjabat sebagai wali kota dari tahun 1966 hingga 1973, dan penelitian dari Belanda pada tahun 2008 mengenai dampak negatif dari vandalisme.
4. What does the author say as the closing?
Apa yang penulis katakan sebagai penutup?
- Expository Text 1 = A stock of knowledge doesn't hurt, instead it is a door that leads to understanding and more positivity.
Sedikit pengetahuan tidak ada salahnya, bahkan itu adalah pintu yang mengarah pada pemahaman dan hal yang lebih positif.
- Expository Text 2 = There is nothing "progressive" about allowing public amenities to be defaced by graffiti. Area that is dominated by vandals may be involved in other crimes as well.
Tidak ada yang "progresif" dengan membiarkan fasilitas umum dirusak oleh grafiti. Area yang didominasi oleh para pengacau bisa jadi terlibat dalam kejahatan lain juga.
Nah, itulah pembahasan soal Task 3, Part C Chapter 5 bahasa Inggris kelas X.
Baca Juga: Jawab Soal Bahasa Inggris Task 3, Part A Sports and Health, Kelas X Kurikulum Merdeka, Chapter 3
---
Sumber: Buku Bahasa Inggris Work in Progress SMA/SMK/MA Kelas X Karya Budi Hermawan, dkk., Kemdikbud.
Tonton video ini juga, yuk!
Penulis | : | Mumtahanah Kurniawati |
Editor | : | Rahwiku Mahanani |
KOMENTAR