adjar.id - Manajemen pemasaran merupakan salah satu jenis bidang manajemen.
Manajemen pemasaran umumnya berkaitan dengan pengenalan produk atau jasa kepada konsumen, Adjarian.
Tugas dari manajemen pemasaran adalah untuk mengukur dan menganalisis strategi proses pemasaran suatu perusahaan.
Manajemen pemasaran berperan dalam mengoordinasikan berbagai elemen pemasaran, seperti penetapan harga, promosi, distribusi, dan pengembangan produk.
Nah, manajemen pemasaran adalah proses perencanaan, pelaksanaan, pengendalian, dan pengawasan dari semua aktivitas yang terkait dengan pemasaran produk atau jasa.
Manajemen pemasaran diartikan juga sebagai usaha untuk merencanakan, mengarahkan, mengawasi, dan menerapkan kegiatan pemasaran dalam perusahaan.
O iya, manajemen pemasaran memiliki beberapa konsep.
Yuk, simak pembahasannya!
"Tujuan akhir dari manajemen pemasaran adalah untuk mencapai pertumbuhan penjualan, keuntungan, dan kepuasan pelanggan yang berkelanjutan."
Menurut Kottler, konsep manajemen pemasaran terbagi menjadi lima bentuk, yaitu:
Konsep produksi adalah konsep yang menjelaskan bahwa konsumen akan menyukai produk yang tersedia dan harganya terjangkau.
Baca Juga: Mengenal Fungsi Manajemen Pemasaran
Sehingga manajemen harus berusaha untuk memperbaiki produksi dan proses efisiensi distribusi.
Konsep produksi adalah falsafah tertua yang digunakan dalam penjualan.
Konsep produksi juga masih berlaku dalam berbagai situasi, yaitu Jika permintaan akan produk lebih besar dibanding penawarannya.
Konsep produk adalah konsep yang menjelaskan bahwa konsumen dapat menyukai produk bermutu baik dan sifat paling inovatif.
Sehingga, perusahaan harus menambah energinya untuk terus melakukan perbaiki terhadap produk yang dibuat.
Konsep penjualan adalah konsep yang menjelaskan bahwa konsumen tidak akan membeli produk perusahaan dalam jumlah yang cukup.
Kecuali jika perusahaan mengadakan usaha promosi dan penjualan dengan skala besar.
Nah, konsep penjualan ini biasanya dilakukan pada barang yang mungkin tidak terlalu dipikirkan untuk dibeli konsumen, seperti asuransi.
Industri asuransi harus mahir dalam melacak calon konsumennya dan menjual berbagai manfaat produk kepada konsumen.
Tujuannya agar perusahaan dapat menjual barang dan jasa yang telah dibuat, bukan menjual produk yang dibutuhkan konsumen.
Konsep pemasaran adalah konsep yang digunakan untuk mencapai sasaran organisasi tergantung dalam penentuan kebutuhan dan keinginan pasar.
Baca Juga: 4 Hal Pokok yang Menjamin Keberhasilan Perusahaan dalam Manajemen Pemasaran
Konsep pemasaran mulai diberlakukan ketika:
- Penjualan mulai menurun.
- Pertumbuhan produk melambat.
- Meningkatnya persaingan.
- Meningkatkan biaya penjualan.
Konsep pemasaran berwawasan sosial adalah konsep perusahaan yang harus menentukan kebutuhan, keinginan, dan minat pasar.
Selain itu, konsep ini juga menyerahkan kepuasan yang diinginkan secara efektif dan efisien dibanding persaingan.
Konsep pemasaran berwawasan sosial mengajak pemasar untuk membangun pertimbangan sosial dan ekonomi dalam praktik pemasaran.
Hal ini dilakukan untuk menyeimbangkan dan menyelaraskan tiga faktor utama, yaitu laba perusahaan, kepentingan publik, dan pemuas keinginan konsumen.
"Konsep manajemen pemasaran terbagi menjadi konsep produksi, konsep produk, konsep penjualan, konsep pemasaran, dan konsep pemasaran berwawasan sosial."
Nah, itulah lima konsep yang digunakan dalam manajemen pemasaran.
Baca Juga: Tujuan Manajemen Pemasaran, Materi Ekonomi Kelas XI Kurikulum Merdeka
Coba Jawab! |
Apa yang dimaksud dengan konsep produksi? |
Petunjuk: Cek halaman 2. |
---
Sumber: Buku Ekonomi untuk SMA Kelas XI karya Yeni Fitriani dan Aisyah Nurjanah.
Penulis | : | Nabil Adlani |
Editor | : | Rahwiku Mahanani |
KOMENTAR