adjar.id - Pada buku Sejarah Indonesia kelas 11 semester 2 edisi revisi 2017, terdapat soal Latih Uji Kompetensi di halaman 135.
Dalam soal tersebut, kita diminta menjawab beberapa soal tentang peran para tokoh sekitar proklamasi.
Kemerdekaan Indonesia diproklamasikan pada 17 Agustus 1945.
Proses proklamasi kemerdekaan tersebut melibatkan berbagai tokoh penting, seperti Sukarno dan Hatta yang membacakan teks proklamasi.
Selain Sukarno dan Hatta, ada juga peran dari Ahmad Subarjo yang tidak kalah penting.
Ahmad Subarjo adalah orang yang berhasil membujuk golongan muda untuk segera melepaskan Sukarno dan Hatta dari Rengasdengklok.
Lalu, ada juga pimpinan gerakan pemuda pada masa proklamasi yang menjadi pelopor peristiwa Rengasdengklok, yaitu Sukarni Kartodiwiryo.
Tokoh selanjutnya adalah Sayuti Melik yang berperan mengetik teks proklamasi kemerdekaan yang sudah ditulis oleh Sukarno.
Pengibaran bendera merah putih saat proklamasi kemerdekaan dilakukan oleh Latif Hendraningrat, S. Suhud, dan Sk. Trimurti.
Berikut pembahasan soal Latih Uji Kompetensi tentang peran para tokoh sekitar proklamasi untuk referensi.
Simak, yuk!
Baca Juga: Jawab Soal Latih Uji Kompetensi Masa Awal Kemerdekaan Indonesia
Latih Uji Kompetensi tentang Peran Para Tokoh Sekitar Proklamasi
1. Mengapa pada saat Jepang menyerah kepada Sekutu, di Indonesia disebut sebagai mengalami vacuum of power?
Jawaban: Vacuum of power terjadi di Indonesia karena pada saat itu tidak ada pemerintah yang berkuasa.
Hal ini karena Jepang telah menyerah kepada Sekutu, sehingga Jepang tidak lagi menguasai Indonesia.
Akan tetapi, pasukan Sekutu yang menguasa Indonesia belum datang, sehingga tidak ada kekuasaan bangsa asing di Indonesia.
2. Jelaskan bahwa pada saat proklamasi kemerdekaan, negara Republik Indonesia belum memiliki semua kelengkapan negara!
Tindakan apa saja yang dilakukan bangsa Indonesia untuk melengkapi kelengkapan negara tersebut?
Jawaban: Proklamasi kemerdekaan Indonesia dipersiapkan dalam waktu singkat, sehingga belum memiliki semua kelengkapan sebagai negara.
Misalnya kementerian, organisasi militer, dan sebagainya.
Setelah proklamasi kemerdekaan tersebut, Indonesia melakukan sidang PPKI untuk memutuskan dasar negara, kepala negara, departemen, wilayah, Komite Nasional, dan Badan Keamanan Rakyat.
3. Salah satu kegiatan yang dilakukan pascaproklamasi kemerdekaan adalah pembentukan KNIP.
Baca Juga: Media Penyebaran Proklamasi Kemerdekaan, Materi Sejarah Kelas 11 Kurikulum Merdeka
Apa yang melatarbelakangi pembentukan KNIP dan bagaimana fungsi badan tersebut bagi negara Indonesia?
Jawaban: Latar belakang dari pembentukan KNIP adalah untuk melengkapi syarat pembentukan negara, yaitu adanya badan legislatif pemerintahan.
Tujuan dari pembentukan KNIP ini adalah untuk mewujudkan cita-cita bangsa yang berdasarkan kedaulatan rakyat.
Komite Nasional berada di pusat pemimpinan dan memberikan arahan kepada berbagai komite di daerah.
4. Pada saat proklamasi kemerdekaan, di Jalan Pegangsaan Timur tidak terjadi penyerangan Jepang terhadap para peserta upacara proklamasi, padahal pada saat tersebut tentara Jepang di Indonesia masih lengkap.
Mengapa hal tersebut dapat terjadi?
Jawaban: Hal ini terjadi karena pada saat itu proklamasi dilakukan dengan tergesa-gesa.
Selain itu, tidak banyak orang yang tahu bahwa Indonesia sudah merdeka dan Sukarno sudah memproklamasikan kemerdekaan Indonesia.
Sehingga dapat dikatakan proklamasi kemerdekaan Indonesia dilaksanakan secara diam-diam.
5. Menurut pendapatmu, apakah kamu sepakat dengan perjuangan golongan muda yang menuntut percepatan proses proklamasi kepada Sukarno-Hatta?
Lebih menguntungkan mana bangsa Indonesia memproklamasikan sendiri sesuai keinginan golongan muda atau menunggu sidang PPKI? Jelaskan alasanmu!
Baca Juga: Sambutan Berita Proklamasi di Dalam Negeri, Materi Sejarah Kelas 11 Kurikulum Merdeka
Jawaban: Menurut saya lebih menguntungkan sesuai yang diinginkan golongan muda dengan memaksa proklamasi dilaksanakan sesegara mungkin.
Jika ditunda dan menunggu sidang PPKI maka Indonesia sulit untuk merdeka karena Sekutu segera datang menguasai Indonesia.
Nah, itulah pembahasan soal Latih Uji Kompetensi tentang peran para tokoh sekitar proklamasi, Adjarian.
---
Sumber: Buku Sejarah Indonesia SMA/MA/SMK/MAK Kelas XI Semester 2 Edisi Revisi 2017 karya Sardiman AM, dkk.
Yuk, tonton juga video berikut ini!
Penulis | : | Nabil Adlani |
Editor | : | Rahwiku Mahanani |
KOMENTAR