adjar.id – Dalam buku Sejarah Kelas 11 Kurikulum Merdeka, terdapat soal Asesmen di halaman 128.
Pada soal tersebut, kita diminta menjawab beberapa soal pilihan ganda tentang penjajahan Jepang di Indonesia.
Pendudukan Jepang di Indonesia berkaitan dengan Perang Dunia II saat Jepang mencari sumber daya yang bisa menunjang keperluan perang.
Jepang mulai mendarat di Indonesia pada 10 Januari 1942, tepatnya di Tarakan, Kalimantan Timur yang kemudian meluas ke Balikpapan, Banjarmasin, dan Pontianak.
Pemilihan Pulau Kalimantan sebagai tempat pertama mendaratnya Jepang karena di sana kaya akan minyak bumi.
Setelah itu, Jepang mulai bergerak untuk menguasai daerah lainnya di Indonesia dan berhasil menguasai Sumatra tepatnya di Palembang pada 14 Februari 1942.
Kedatangan Jepang di Indonesia dibarengi dengan adanya propaganda Tiga A, yaitu Jepang Cahaya Asia, Jepang Pemimpin Asia, dan Jepang Cahaya Asia.
Selain itu, Jepang juga mengaku sebagai saudara tua bangsa Indonesia yang membuat rakyat Indonesia bersimpati dengan Jepang.
Akan tetapi, setelah mendapat simpati rakyat, Jepang mulai melakukan penjajahan dengan mengambil kebutuhan rakyat dan menerapkan kebijakan yang merugikan rakyat Indonesia.
Nah, berikut pembahasan soal Asesmen pilihan ganda tentang penjajahan Jepang.
Simak, yuk!
Baca Juga: Perlawanan Rakyat Indonesia terhadap Penjajahan Jepang, Materi Sejarah Kelas 11 Kurikulum Merdeka
Asesmen Pilihan Ganda tentang Penjajahan Jepang
1. Bacalah paragraf di bawah ini dengan cermat!
Berdasarkan bacaan di atas, apakah alasan Jepang Menyerang Indonesia?
a. Ingin membebaskan Indonesia dari Belanda.
b. Ingin menguasai kekayaan alam Indonesia.
c. Ingin melakukan dominasi politik di Asia.
d. Ingin menjadikan Indonesia sebagai koloni.
e. Ingin menunjukkan supremasinya di Asia.
Jawaban: b. Ingin menguasai kekayaan alam Indonesia.
2. Mengapa pada awalnya sebagaian rakyat Indonesia menyambut gembira kedatangan Jepang?
Baca Juga: Strategi Bangsa Indonesia Menghadapi Penjajahan Jepang, Materi Sejarah Kelas 11 Kurikulum Merdeka
a. Karena Jepang berhasil mengalahkan Belanda.
b. Karena Jepang adalah sesama bangsa Asia.
c. Karena menghadapi musuh bersama.
d. Karena rakyat Indonesia masih bodoh.
e. Karena rakyat Indonesia mudah ditipu.
Jawaban: a. Karena Jepang berhasil mengalahkan Belanda.
3. Pada saat menjajah, sebenarnya jumlah orang Jepang di Indonesia hanya sedikit. Namun, mengapa mereka bisa menguasai bangsa kita?
a. Jepang memiliki sistem pemerintahan yang baik.
b. Jepang mempunyai organisasi tentara yang solid.
c. Jepang sudah terbiasa mengelola daerah kepulauan.
d. Jepang memanfaatkan penguasa lokal untuk membantu.
Baca Juga: Dampak Penjajahan Jepang di Bidang Sosial, Materi Sejarah Kelas 11 Kurikulum Merdeka
e. Bangsa Indonesia mudah diatur dan dikuasai.
Jawaban: d. Jepang memanfaatkan penguasa lokal untuk membantu.
4. Salah satu warisan penjajahan Jepang yang masih ada hingga masa kini adalah sistem tonarigumi atau rukun tetangga. Mengapa Jepang menerapkan sistem tersebut?
a. Untuk menciptakan pemerintahan langsung (direct rule).
b. Untuk memudahkan pengawasan dan mobilitas rakyat.
c. Untuk meningkatkan kebersamaan di kalangan rakyat.
d. Untuk melakukan kontrol secara langsung ke tingkat bawah.
e. Untuk memudahkan sistem administrasi pemerintahan Jepang.
Jawaban: b. Untuk memudahkan pengawasan dan mobilitas rakyat.
5. Mengapa Jepang berhasil menggagalkan berbagai upaya perlawanan terbuka yang dilakukan oleh bangsa Indonesia?
a. Perlawanan bangsa Indonesia kurang terencana dengan baik
Baca Juga: Penjajahan Jepang di Berbagai Wilayah di Indonesia, Materi Sejarah Kelas 11 Kurikulum Merdeka
b. Perlawanan bangsa Indonesia hanya menggunakan senjata tradisional
c. Perlawanan bangsa Indonesia dilakukan secara sporadis
d. Jepang memiliki kekuatan kepolisian dan militer yang lebih baik
e. Jepang memiliki jaringan mata-mata yang hebat
Jawaban: d. Jepang memiliki kekuatan kepolisian dan militer yang lebih baik
Demikianlah pembahasan soal Asesmen pilihan ganda tentang penjajahan Jepang.
---
Sumber: Buku Sejarah SMA/SMK Kelas XI Karya Martina Safitry, dkk.
Source | : | Kompas.com |
Penulis | : | Nabil Adlani |
Editor | : | Rahwiku Mahanani |
KOMENTAR