adjar.id – Penawaran suatu barang dipengaruhi oleh beberapa faktor di luar harga barang.
Penawaran merupakan suatu perspektif produsen dalam dunia ekonomi, Adjarian.
Nah, kali ini kita akan membahas mengenai faktor yang memengaruhi penawaran di luar harga barang yang menjadi materi IPS kelas 10 Kurikulum Merdeka.
Pada dasarnya, penawaran merupakan suatu teori yang membahas hubungan antara jumlah barang yang ditawarkan dan tingkat harga barang itu sendiri.
Teori penawaran juga menggunakan hukum ceteris paribus, yang berarti faktor-faktor lain selain harga barang itu sendiri dianggap tetap.
Dengan kata lain, kita bisa menganalisis perubahan penawaran yang diberikan oleh produsen kepada konsumen menggunakan faktor harga barang itu sendiri dan mengasumsikan faktor-faktor lain tetap.
Hal ini karena permintaan merupakan sudut pandang konsumen, maka hukum teori penawaran berlawanan dengan hukum pada teori permintaan.
Pada teori penawaran, terdapat hukum yang menyebutkan, “semakin tinggi harga suatu barang, maka semajin banyak barang yang ditawarkan. Sebaliknya semakin rendah harga suatu barang maka semakin sedikit barang yang ditawarkan”.
Hukum penawaran berlawanan dengan hukum permintaan, sehingga kurva penawaran juga berlawanan dengan kurva permintaan.
Yuk, simak pembahasan faktor yang memengaruhi penawaran di luar harga barang berikut ini, Adjarian.
“Penawaran adalah kesediaan penjual untuk menyerahkan berbagai barang di tingkatan harga dalam waktu dan keadaan tertentu.”
Baca Juga: Jawab Soal Perbedaan Teori Ekonomi Mikro dan Teori Ekonomi Makro
Faktor yang Memengaruhi Penawaran di Luar Harga Barang
Berikut beberapa hal yang bisa memengaruhi penawaran di luar harga barang itu sendiri, yaitu:
1. Harga Barang Lain
Faktor harga barang-barang lain bisa memengaruhi permintaan, sehingga harga barang lain juga bisa memengaruhi pernawaran.
Barang-barang subtitusi ataupun komplementer berhubungan satu sama lain dan akan saling memengaruhi.
Hal ini disebabkan karena produsen dalam memproduksi suatu barang juga akan mempertimbangkan adanya barang subtitusi ataupun barang komplementer dari produk mereka.
2. Biaya Produksi
Biaya produksi berkaitan dengan jumlah pengeluaran produsen untuk memproduksi suatu barang.
Karena produsen akan menjual produknya dengan tingkat keuntungan tertentu, maka harga dasar untuk memproduksi produk tersebut akan memengaruhi penawaran produsen.
Dalam memproduksi suatu barang, produsen akan memperhatikan efektivitas dan efisiensi cara yang digunakan untuk memproduksi barang.
“Semakin efektif dan efisien proses produksi, maka biaya produksi akan semakin rendah dan jumlah barag yang dihasilkan dengan kualitas baik semakin banyak.”
Baca Juga: Jenis-Jenis Penawaran dalam Mekanisme Kerja Bursa Efek
3. Tujuan Perusahaan
Setiap perusahan tentu akan berusaha agar bisa mendapatkan keuntungan yang optimal.
Akan tetapi, dalam paktiknya, dunia usaha juga mempunyai beberapa risiko kegagalan yang tidak rendah.
Semakin tinggi risiko yang diambil, maka semakin tinggi juga keuntungan yang bisa diperoleh oleh perusahaan.
Perusahaan akan mempertimbangkan jumlah produk yang akan mereka produksi, sehingga memengaruhi jumlah barang yang akan ditawarkan.
Di sisi lain, ada juga berbagai perusahaan milik pemerintah atau BUMN yang tujuan perusahannya lebih mengutamakan kesejahteraan masyarakat daripada keuntungan.
4. Teknologi
Perkembangan teknologi juga dapat memengaruhi penawaran.
Perusahaan yang menggunakan teknologi canggih akan dapat menghasilkan barang lebih banyak dengan biaya yang lebih murah.
“Teknologi yang canggih akan lebih menghemat biaya produksi tetapi bisa menghasilkan barang lebih banyak.”
5. Pajak dan Subsidi
Baca Juga: Jenis-Jenis Aktivitas Perekonomian di Indonesia
Kebijakan pemerintah yang terkait dengan pajak dan subsidi akan dapat memengaruhi penawaran.
Misalnya, jika pajak suatu barang dinaikkan, maka permintaan akan barang tersebut akan menurun sehingga memengaruhi penawaran.
6. Perkiraan Harga Masa Depan
Pada suatu kondisi dan situasi tertentu, perusahaan memprediksi tentang kebutuhan yang tinggi atas suatu barang atau jasa yang dapat memengaruhi suatu penawaran.
Misalnya, pada musim penghujan, diprediksi terjadi kenaikan permintaan terhadap payung dan jas hujan, sehingga memengaruhi harga penawaran payung dan jas hujan.
Itulah Adjarian, beberapa faktor yang memengaruhi penawaran di luar harga barang itu sendiri, salah satunya biaya produksi.
Coba Jawab! |
Apa yang dimaksud dengan penawaran? |
Petunjuk: Cek halaman 1. |
Penulis | : | Nabil Adlani |
Editor | : | AdjarID |
KOMENTAR