adjar.id – Kali ini kita akan mencari tahu ciri-ciri pasar oligopoli yang menjadi materi Ekonomi kelas 10 SMA.
Pasar oligopoli termasuk jenis pasar persaingan tidak sempurna.
Pasar oligopoli bisa membuat persaingan dagang menjadi tidak sempurna karena harga dapat ditentukan sesuai kemauan produsen, terlebih produsen besar.
Hal ini membuat para produsen lain akan kesulitan untuk bersaing, Adjarian.
Secara etimologi, oligopoli berarti beberapa penjual atau produsen.
Pasar oligopoli adalah suatu bentuk interaksi permintaan dan penawaran ketika terdapat antara dua sampai sepuluh penjual yang menguasai pasar.
Berdasarkan produknya, pasar oligopoli terbagi menjadi dua, yaitu poligopoli murni dan oligopoli terdiferensiasi.
Pasar disebut pasar oligopoli murni jika terdapat produk yang homogen dan disebut oligopoli terdiferensiasi jika produknya mengalami perbedaan corak.
Lalu, apa saja ciri-ciri pasar oligopoli?
Yuk, kita cari tahu!
“Dalam oligopoli, setiap perusahaan menetapkan kebijakannya sendiri, yaitu kebijakan penetapan harga dan kualitas produksi.”
Baca Juga: Struktur Pasar dalam Perekonomian
Ciri-Ciri Pasar Oligopoli
Berikut beberapa ciri atau karakteristik dari pasar oligopoli.
1. Penjual yang Menguasai Pasar
Dalam pasar oligopoli, ada beberapa penjual yang menguasai pasar yang mana menawarkan satu jenis barang.
2. Jenis Barang yang Dijual Homogen dan Terdiferensiasi
Barang-barang yang dijual di pasar oligopoli dapat bersifat homogen dan juga dapat terdiferensiasi.
Barang yang standar biasanya dihasilkan oleh perusahaan yang menghasilkan barang mentah.
Sementara barang yang berbeda coraknya pada umumnya merupakan barang jadi.
“Pada pasar oligopoli, barang yang dijual dapat bersifat homogen atau terdiferensiasi.”
3. Sulit Keluar Masuk Pasar
Produsen atau konsumen yang masuk dalam pasar oligopoli akan sulit untuk keluar ataupun masuk.
Baca Juga: Contoh Kegiatan Ekonomi yang Ada di Pasar Tradisional
Ada berbagai hambatan yang diterima bagi para produsen atau konsumen untuk bisa masuk atau keluar dari pasar.
4. Ada Peran Market Leader
Satu dari para oligopoli akan memiliki peran sebagai market leader.
Market leader mempunyai pangsa pasar terbesar dan mempunyai kekuatan untuk menetapkan harga.
Sehingga, para penjual lainnya harus mengikuti harga yang telah ditentukan oleh market leader.
5. Antarperusahaan Saling Ketergantungan
Dalam pasar oligopoli, ada ketergantungan yang kuat antarperusahaan.
Ciri khas keterkaitan ini adalah penurunan harga suatu perusahaan cenderung diikuti oleh perusahaan lainnya.
Akan tetapi, jika ada perusahaan yang menaikkan harga, perusahaan lain belum tentu mengikutinya.
“Market leader memiliki peran penting dalam menentukan harga karena kekuatannya di dalam pasar.”
6. Jumlah Penjual Sedikit
Baca Juga: Contoh Soal dan Jawaban Materi Empat Jenis Struktur Pasar
Pada pasar oligopoli, jumlah penjual lumayan sedikit, biasanya hanya dua sampai sepuluh perusahaan.
Sehingga, mereka bisa saling memantau setiap gerak dari semua pesaingnya.
7. Menggunakan Promosi Melalui Iklan
Perusahaan yang ada di pasar oligopoli biasanya akan menggunakan promosi melalui media iklan.
Iklan terutama sangat dibutuhkan untuk perusahaan yang menghasilkan barang berbeda corok.
Tujuannya untuk mempertahankan pangsa pasar yang sudah dikuasai dan merebut pangsa pasar yang baru.
Nah, itulah ciri-ciri pasar oligopoli.
Coba Jawab! |
Apa yang dimaksud dengan pasar oligopoli? |
Petunjuk: Cek halaman 1. |
Penulis | : | Nabil Adlani |
Editor | : | Rahwiku Mahanani |
KOMENTAR